EBike by Wire, Tidak Kalah dengan Pesawat dan Kendaraan Lain

0
EBike by Wire
EBike by Wire, pedal generator Free Drive Schaeffler. Foto: Schaeffler, electrek

NaikMotor – Fly by wire, drive by wire dan ride by wire sudah tidak asing, diawali dari pesawat hingga sepeda motor, kendali elektronik itu merambah sepeda listrik. Ebike by wire diperkenalkan perusahaan Jerman, Schaeffler.

Seperti pada kendaraan lainnya, kendali elektronik ebike by wire yang disebut Schaeffler sebagai Free Drive juga dikendalikan dengan komunikasi CAN antara motor, baterai, generator, dan elektronik kontrol. Hanya ini cra kerjanya mengubah energi energi mekanik kayuhan menjadi listrik, kemudian listrik tadi untuk menggerakkan motor hub di bagian belakang.

Sistem Schaeffler membuat sepeda listrik tak lagi memerlukan rantai atau sabuk seperti sepeda tradisional. Bahkan sistem gear set pun tidak ada.

Sebab, generator yang dilengkapi pedal kayuh itu dapat memvariasikan resistensi pada pedal berdasarkan seberapa banyak upaya mengayuh yang diperlukan atau dipilih. Jika pengendara mengayuh cukup keras untuk menghasilkan energi berlebih (lebih dari yang dibutuhkan untuk menggerakkan motor pada kecepatan saat ini), energi tersebut dibuang ke baterai e-bike untuk digunakan nanti.

Ditambah pula, motorhub 250W di belakang mampu melakukan pengereman regeneratif, yang menawarkan satu cara lagi untuk mengisi daya baterai saat berkendara.

Schaeffer akan memamerkan Free Drive di acara Eurobike 2021 di Friedrichshafen, Jerman. Itu akan berlokasi di stan mitra penjualan mereka, Heinzmann. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here