Kenali 6 Fungsi Oli Mesin di Motor Biar Performa Enggak Kendor

0
Tips Beli Motor Bekas
Kenyamanan berkendara ditunjang oleh performa oli mesin . Foto: Suzuki

NaikMotor – Oli mesin merupakan salah satu kebutuhan esensial yang membantu komponen mesin melakukan kerjanya. Untuk itulah pengendara wajib memahami fungsi oli mesin di sepeda motornya.

Salah satu penentu kenyamanan mengendarai motor adalah performa mesin yang optimal. Untuk itu, perawatannya harus dijaga termasuk soal pelumas yang membantu kinerja mekanis di dalamnya.  Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ada 6 fungsi oli mesin dalam membantu kinerja sepeda motor, di antaranya:

Pelumas Suzuki Ecstar
Foto: Suzuki
  1. Melumasi Komponen Mesin

Oli mesin berguna untuk melumasi komponen mesin, meminimalkan gesekan, dan membuat mesin lebih ringan sehingga menghasilkan langkah kerja mesin yang optimal. Semakin ringan gerak yang ditimbulkan, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan mesin. Pengendara sepeda motor perlu memberikan oli dengan kualitas terbaik yang sesuai untuk jenis mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat bekerja dengan optimal, mesin berjalan mulus, bebas gangguan dan hal yang tak kalah penting oli akan melindungi komponen mesin.

2. Melapisi Permukaan Komponen Mesin

Komponen mesin perlu dilapisi dengan baik dan setiap komponen harus saling terhubung maksimal agar kinerja mesin dapat bekerja lebih optimal. Oli memiliki peranan penting sebagai pelapis permukaan komponen mesin. Oli akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin, hal ini dapat meminimalisir celah (clearence) yang timbul akibat renggangnya komponen mesin.

Pelumas Suzuki Ecstar
Rangkaian pelumas dan chemical Ecstar kini hadir untuk sepeda motor . Foto: Suzuki

3. Mendinginkan Komponen Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pendingin agar komponen yang bergerak tetap berada pada suhu yang stabil. Komponen yang saling bergesekan dapat membuat suhu mesin menjadi panas, namun dengan adanya oli mesin yang mengalir ke komponen dapat mengurangi gesekan yang terjadi sehingga komponentetap berada di area suhu normal. Hal ini membuat bentuk komponen tetap dalam kondisi terbaik.

4. Membersihkan Komponen

Oli dapat mengalirkan gram komponen yang terjadi dari dampak gesekan mesin sehingga kondisi komponen mesin tetap bersih. Kotoran karena gesekan antar komponen mesin tersebut akan diangkut oleh oli yang tersirkulasi dalam mesin dan akhirnya tertampung di filter oli. Kondisi ini akan membuat bagian dalam mesin tetap bersih karena tidak ada kotoran yang menempel maupun menggumpal.

5. Menghaluskan Suara Mesin

Oli mesin memiliki fungsi meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Namun tetap harus memperhatikan viskositas yang sesuai standardisasi mesin.

6. Melindungi dari Korosi

Oli berguna memberikan lapisan menyeluruh di tiap komponen. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi. Maka dari itu, oli mesin memiliki fungsi melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi. Hal ini yang membuat oli berubah warna menjadi gelap yang menandakan bahwa oli telah berhasil mengangkat kotoran dalam mesin. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

*