Pelumas Transmisi Skuter Matik Juga Harus Diperiksa dan Diganti

0
Pelumas Transmisi Skuter Matik
Pemeriksaan dan pergantian Pelumas Transmisi skuter matik ada periodenya. Foto: istimewa

NaikMotor – Pada skuter matik selain pelumas mesin terdapat juga pelumas transmisi. Seperti pelumas lainnya, pelumas transmisi skuter matik juga harus diperiksa dan diganti periodik.

Pelumas transmisi skuter matik seringkali disebut pelumas gear atau pelumas gardan yang memiliki fungsi serupa dengan pelumas mesin. Peran pelumas gear pada motor skutik sangat penting, melumasi komponen transmisi yang bergesekan agar tidak cepat aus dan melindungi dari karat.

“Melihat peran Pelumas yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi Pelumas secara berkala dan memastikan volume Pelumas tetap dalam kondisi yang standar,” tutur Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Usia pakai pelumas gear maksimal setiap kelipatan 12.000 KM atau ganti setiap 12 bulan sekali agar kinerja sepeda motor tetap optimal. Walau demikian, pelumas transmisi itu sebaiknya diperiksa rutin untuk mengetahui kondisinya. Begini langkahnya:
1. Pertama, posisikan sepeda motor dengan standar tengah diatas bidang yang rata.
2. Buka penutup Pelumas gear, periksa kondisi Pelumas gear dengan memasukan obeng dengan panjang minimal 15 cm ke dalam lubang. Pastikan obeng dalam kondisi kering sebelum dimasukan.
3. Lihat warna Pelumas pada obeng yang telah dimasukan sebelumnya. Pelumas dengan kualitas baik umumnya berwarna bening dan kental, sedangkan Pelumas yang sudah tidak baik berwarna hitam dan encer.
4. Untuk mengecek kebocoran pada Pelumas gear, periksa seal pada penutup lubang pengisian Pelumas dan baut pada lubang pembuangan dalam keadaan baik dan bersih. Jika seal sobek / getas dan lubang pembuangan kotor menjadi indikasi kebocoran Pelumas gear , sehingga perlu pemeriksaan ke bengkel resmi terdekat. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY