Begini Risiko Telat Ganti Pelumas Gardan

0
Telat Ganti Pelumas Gardan
Pelumas gardan harus rutin diganti. Foto: isitmewa

NaikMotor – Skuter matik yang popular saat ini butuh 2 jenis pelumas mekanikal, pelumas mesin dan pelumas gir akhir CVT, atau transmisi atau gardan. Namun, pelumas gardan juga harus teratur diganti, jangan telat.

Sama halnya dengan pelumas mesin, pelumas transmisi pun bertugas memberikan pelumasan. Bedanya, pelumas ini hanya diperuntukkan pada bagian transmisinya saja. Dengan kata lain ditujukan untuk melindungi serta mengoptimalkan kinerja pada area CVT (Continously Variable Transmission) seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

Pelumas transmisi atau pelumas gardan motor matic juga harus diganti secara berkala. “Pada penggunaan normal, pelumas transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian pelumas transmisi dilakukan setelah dua kali ganti pelumas mesin,” ungkap Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL).

LEAVE A REPLY