Usai Team Order, Jack Miller Ribut dengan Joan Mir di Akhir Lap

0
jack miller joan mir
Jack Miller ribut dengan Joan Mir akibat disenggol di lap terakhir. Foto: MotoGP, Ducati

NaikMotor – Jack Miller (Ducati Lenovo Team) sempat bersitegang dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar) setelah Mir menyenggol Miller di lap terakhir MotoGP Amerika 2021. Akibat insiden ini, Mir pun kena penalti turun satu peringkat. 

Di awal Jack Miller mampu balapan dengan baik menggunakan ban belakang hard compound Michelin. Miller mendapat kesempatan two-for-one di tikungan 12 untuk melewati Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Joan Mir di Lap 3 untuk mengamankan posisi keenam.

“Setelah start yang bagus, saya bisa kembali bertarung untuk podium, tapi sayangnya, menjelang paruh kedua balapan, ketika saya naik ke posisi keempat, saya mulai kesulitan dari performa ban yang turun. Saya mencoba untuk mengadopsi gaya yang berbeda dan tidak terlalu aus di depan, tapi jelas, itu mempengaruhi kecepatan saya,” ungkap Miller.

jack miller joan mir
Jack Miller

Tampil impresif ketimbang Bagnaia yang lambat panas, Miller akhirnya membuka jalan rekan setimnya untuk melaju ke depan. “Saya melihat Pecco di belakang saya, dan karena saya kesulitan, saya membiarkannya lewat. Saya finis keenam, tapi di lap terakhir, Mir menyenggol saya, dan saya kehilangan dua posisi lagi. Pada akhirnya, saya finis ketujuh. Sayang sekali karena kami bisa menjalani balapan yang sangat bagus,” tutur pembalap Australia ini.

Melakukan team order, Miller yang sudah kewalahan dengan ban pun memberi jalan dan membiarkan rekan setimnya, Francesco Bagnaia untuk melewatinya. Bagnaia akhirnya sukses meraih podium di urutan ketiga.

Di lap terakhir, Mir melakukan tindakan agresif di tikungan 15 yang menyenggol Miller sehingga membuat dia melebar dan menguntungkan Enea Bastianini (Avinitia Esponsorama) yang berakhir di P6.

Tindakan Mir tersebut membuatnya dijatuhi penalti turun satu posisi oleh Race Direction, yaitu dari P7 ke P8 dengan catatan waktu +13.406, sementara Miller jadi naik peringkatnya dari P8 ke P7.

“Selamat untuk Pecco untuk podiumnya. Saya juga senang untuk Ducati dan tim yang sekarang sama-sama menjadi yang pertama di kejuaraan,” tutup Miller. (Litha/nm) 

jack miller joan mir
Pecco Bagnaia P3 MotoGP Amerika 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here