Begini Cara NaikMotor yang Aman Saat Musim Hujan…

0
16
naik motor musim hujan
Wahana Honda bagikan tips pengereman saat berkendara di musim hujan. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – BMKG memperkirakan awal musim hujan akan berlangsung pada kisaran bulan Oktober dan November 2021, oleh karena itu, Wahana Honda pun membagikan tips cara Naik Motor saat tengah hujan agar Motoris dapat berkendara dengan aman dan nyaman. 

Selain perlu membekali diri dengan perlengkapan berkendara seperti jas hujan, ada teknik berkendara yang wajib dikuasai saat melakukan perjalanan dalam kondisi hujan agar terhindar dari situasi yang tidak diinginkan, seperti ban selip misalnya. Peduli akan keselamatan para pengendara, Honda pun membagikan informasi mengenai teknik melakukan pengereman di musim hujan. Apa saja cara atau langkah-langkah pengereman agar aman saat naik motor ketika musim hujan?

  1. Menggenggam setang dengan kuat dan erat untuk mencegah selip. Perhatikan juga postur tubuh agar bisa memberi refleks yang baik jika hampir tergelincir.
  2. Melepas handle gas saat ingin menurunkan kecepatan motor saat berkendara di jalan yang licin dan basah. Cara ini bisa memberhentikan laju motor secara cepat.
  3. Menurunkan kecepatan dan melakukan pengereman secara bertahap, karena jika dilakukan sekaligus, resiko selip dapat meningkat.
  4. Mengerem dengan empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Dengan teknik ini, Honda mengatakan bahwa laju motor bisa berkurang atau dihentikan secara optimal, bahkan bisa membantu terhindar dari kemungkinan tergelincir.
  5. Tidak memakai rem belakang karena pengereman dengan rem belakang dalam kondisi jalan licin dan basah bisa meningkatkan resiko tergelincir, terutama di tikungan.

Selain mempelajari cara melakukan pengereman yang aman, periksa juga tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan, karena dengan tekanan yag pas, ban tidak akan kehilangan daya cengkramnya saat melewati jalan licin atau basah karena hujan. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*