Kompetisi VVC 2021 Lahirkan 4 Pemenang, AHM Beri Apresiasi

0
130
Kompetisi VVC 2021
AHM mengapresiasi para pemenang yang mengikuti kompetisi VVC 2021. Foto: AHM

NaikMotor – AHM mengapresiasi para pemenang karya video vokasi siswa SMK lewat gelaran kompetisi Vocational Video Challenge (VVC) 2021. 

PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan apresiasi bagi karya video vokasi siswa SMK lewat kompetisi Vocational Video Challenge (VVC) 2021. Perlombaan khusus pelajar SMK yang menerapkan kurikulum Tenik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda ini telah melahirkan empat pemenang kreatif dalam mengemas materi ajar yang mereka pelajari di sekolah selama musim pandemi.

Kegiatan yang dilaksanakan di masa pandemi ini mendapat sambutan luar biasa dari peserta kontes. Hal ini terlihat dari banyaknya karya yang mengikuti kegiatan ini, yaitu sebanyak 704 video kreatif dari seluruh Indonesia. Seluruh video diseleksi secara bertahap yang berlangsung pada periode 1-30 September 2021 untuk seleksi di tingkat regional. Ada 40 video yang berhasil lolos untuk masuk ke tahap seleksi tingkat nasional pada 12-15 Oktober 2021. Dari seluruh video yang diseleksi, AHM memberikan apresiasi bagi 3 video terbaik dan 1 video terfavorit pilihan masyarakat.

Video kreativitas dinilai berdasarkan originalitas video, kualitas video, kesesuaian konten video dengan tema pilihan, dari sisi cara menyampaikan materi, serta dari sisi penerapan keselamatan kerja dan pengunaan alat dan bahan sesuai peraturan yang berlaku.

Kompetisi VVC 2021

AHM memberikan apresiasi kepada video karya Ropi Ramdani dari SMK Tri Mitra Karawang, Jawa Barat sebagai video terbaik pada gelaran VVC 2021 dengan materi video Penggantian V-Belt dan Roler. Video berdurasi 9 menit 46 detik ini menghadirkan video edukasi menarik dengan memberikan gambaran detail-detail praktik yang mudah dipahami para siswa dalam praktik di sekolah. Kreativitas siswa ini menghasilkan video dengan teknik pencahayaan yang baik dan suara video yang jernih sehingga semakin menarik untuk disaksikan dari berbagai perangkat komunikasi.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada hasil karya video kreatif edukasi yang telah saya buat. Saya berharap karya video ini dapat membantu para siswa vokasi lainnya dalam belajar dan praktik teknik sepeda motor Honda,” ujar Ropi.

Selanjutnya, video terbaik kedua diraih oleh Ajhi Tegar Bintara, siswa SMK Muhammadya Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta yang membuat video edukasi kreatif dengan permainan angle video dan editing yang kekinian, namun tidak menghilangkan sisi edukasi.

Peringkat ketiga diraih oleh Ahmad Taufik Kurniawan dari SMK Tri Tunggal 45 Makassar, Sulawesi Selatan. Juara terfavorit diraih oleh Rizqi Maulana dari SMK Muhhamadiyah Pekalongan dengan jumlah penonton video sebanyak 17 ribu.

Video belajar sepeda motor Honda terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu Pemeriksaan Tekanan Bahan bakar dan Reset ECM, Penyetelan Renggang Valve dan Penggantian V-Belt serta Roler dengan durasi video maksimal 10 menit. Seluruh hasil karya siswa SMK diunggah dan dapat disaksikan di media sosial youtube dengan tagar #VVC2021.

Ahmad Muhibbuddin selaku General Manager Corporate Communication AHM mengatakan konsistensi AHM dalam memberikan wadah adu kreatifitas bagi para siswa SMK sebagai salah satu langkah menyalurkan kreativitas dalam mengemas materi belajar yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif.

“Melalui semangat bersinergi bagi perkembangan pendidikan di negeri ini, kami akan terus mengikuti perkembangan dunia pendidikan dengan menghadirkan beragam wadah kreatif untuk menunjang proses belajar bagi para siswa. Video yang kreatif dan kekinian diharapkan dapat membantu para siswa untuk berkontribusi dalam memberikan inspirasi para generasi vokasi dalam proses belajar dan praktik teknik sepeda motor Honda,” terangnya.

Tiga video terbaik masing-masing mendapatkan total hadiah Juara 1 sebesar Rp5.000.000, Juara 2 sebesar Rp4.000.000, dan Juara 3 sebesar Rp3.000.000. Selain itu dipilih satu video terfavorit berdasarkan jumlah viewer terbanyak di kanal youtube masing-masing sekolah dengan hadiah sebesar Rp2.000.000. Sedangkan bagi para peserta yang berhasil lolos di tingkat regional mendapatkan biaya beasiswa sebesar Rp1.000.000. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*