Sepeda Motor Listrik UBL di Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021, Didukung Menhub

0
31
Sepeda Motor Listrik UBL
Sepeda Motor Listrik UBL diapresiasi Menhub di Pekan Keselamatan Jalan 2021. Foto: istimewa

NaikMotor – Sepeda motor listrik UBL hadir di Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021. Karya UBL itu diapresiasi dan didukung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Universitas Budi Luhur (UBL) hadirkan 2 karya mereka, UBL Cargo Electric Vehicle 01 (BL-CEVO1) dan Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEVO1), dalam acara pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Magelang (06-07/11/2021). Kedua sepeda motor UBL itu mendapat apresiasi dan dukungan Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia saat mengunjungi event, “Mendukung motor listrik karya mahasiswa dan produk nasional sampai tahap produksi. Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 sebagai bentuk dukungan untuk karya dan produk kendaraan listrik di Indonesia.”

Sepeda Motor Listrik UBL
BL-SEV01

Pada kesempatan ini Universitas Budi Luhur diundang langsung oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk mengikuti pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan. Universitas Budi Luhur juga kampus swasta satu-satunya yang hadir dalam pameran ini dengan membawa karya motor listrik yang telah teruji perjalanan jauh yaitu BL-CEVO1 dan BL-SEV01.

Sujono, ST, MT selaku Kepala Pusat Study Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur menjelaskan,”Undangan Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 kami manfaatkan baik dengan membawa dua motor listrik kebanggaan Budi Luhur BL-CEV01 dan BL-SEV01, untuk mengenalkan karya mahasiswa Budi Luhur kepada masyarakat khusus masyarakat Jawa Tengah. Kami juga memberikan pengetahun motor listrik kepada pengunjung yang telah teruji jalan jauh seperti motor listrik BL-SEV01 yang sukses touring Jakarta – Mandalika sejauh 1.340 km,” ungkap pria kelahiran Solo ini.

Puncak acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 berlangsung hari ini (07/11), peserta pameran akan konvoi keliling kawasan Candi Borobudur dengan produk kendaraan listrik andalannya masing-masing. Selain Universitas Budi Luhur dengan membawa motor listrik terdapat juga Universitas Gadjah Mada (UGM), Nissan, Gesit, Astra Honda Motor, Selis, Swap Energy Indonesia, Unitep Bike, Polygon, Viar, dan lain-lain.

BL-CEVO1

Pada pameran ini booth Universitas Budi Luhur mendapatkan sambutan sangat baik dari pengunjung, dengan kehadiran BL-SEVO1 yang sukses touring Jakarta – Mandalika. ”Banyak pengunjung yang tertarik dengan BL-SEV01 dengan mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa kami dan ingin mencoba langsung. Mereka banyak yang datang langsung ke pameran ini karena penasaran untuk lihat langsung, karena sebelumnya sudah pernah diliput oleh media dan melihat tayangan di Youtube,” tambah Sujono.

Atas partisipasi tersebut, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., sangat mengapresiasi sekali undangan keikutsertaan oleh Kemenhub. Momen ini pun menjadi special dikarenakan BL SEV01 baru saja menuntaskan turing terjauhnya.

“Kami bangga turut berpartisipasi dalam acara untuk menyambut Hari Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 ini, dimana hanya dua civitas saja yang diundang yaitu Universitas Budi Luhur dan Universitas Gajah Mada,” tutur Wendi.

Rektor Wendi memaparkan bahwa partisipasi ini untuk membuktikan sebagai universitas yang memiliki pusat studi kendaraan listrik ingin menunjukkan hasil karya mahasiswa dan dosen selama ini.

Untuk ke depannya, lanjut Rektor Wendi, civitas Universitas Budi Luhur berencana akan terus mengikuti even-even seperti ini, sebagai bentuk dukungannya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Tahun depan, target kami adalah merancang lagi produk baru yang berkaitan dengan kendaraan listrik. Terlebih Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar ajang balap Formula E. Tentunya momen ini jadi momen penting bagi UBL untuk berperan aktif mendukung wilayah Jakarta tetap bersih dari polusi udara,” pungkasnya.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam. Saat Touring Jakarta – Mandalika motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika, membawa 3 set baterai yang masing – masing mampu menempuh 100 – 140 km sekali. Jadi ketika baterai habis tim BL-SEV01 langsung mengganti baterai dengan sistem swab. Rata – rata menempuh perjalanan 300 kilometer. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*