Jika Pelumas Sepeda Motor Hitam Pekat, Lakukan ini

0
18
Pelumas Sepeda Motor Hitam
Pelumas yang menghitam dalam penggunaan belum tentu kurang bagus. Foto: istimewa

NaikMotor – Pelumas sepeda motor hitam pekat sebenarnya menunjukkan kalau pelumas telah bekerja dengan baik. Pelumas telah melumasi dan membersihkan kotoran akibat gesekan komponen.

Jadi jika pelumas sepeda motor terlihat hitam pekat sebaiknya jangan buru-buru menarik kesimpulan pelumas harus segera diganti. Lebih baik lakukan pengecekan terlebih dulu.

Pelumas Sepeda Motor Hitam

Warna pelumas sesudah pemakaian bisa mewakili situasi atau kondisi yang terjadi di dalam mesin, namun hal tersebut hanya sebagai untuk indikasi awal saja. Ini merupakan hal yang wajar dan tidak bisa dijadikan patokan untuk mendeteksi mesin yang sedang bermasalah.

Selain untuk pelumasan, pelumas atau oli mesin juga bekerja untuk membersihkan permukaan dinding silinder dari berbagai zat perusak yang ditimbulkan akibat proses pembakaran. Jadi, oli yang berubah warna menjadi hitam setelah pemakaian justru bukti bahwa oli bekerja dengan baik.

Lain halnya jika oli baru diganti dan langsung berwarna hitam pekat, yang rata-rata terjadi pada kendaraan tua atau filter oli yang sudah kotor, kadang juga bercampur dengan serpihan halus sisa gesekan.

Begini tindakan yang bisa dilakukan jika pelumas cepat sekali berubah warna menjadi hitam pekat,. Seperti dikutip dari situs astraotoshop.com :

1. Lakukan pengecekan secara menyeluruh, karena dikhawatirkan terdapat keausan pada beberapa komponen mesin. Semakin lama didiamkan, potensi kerusakan bisa semakin besar.

2. Cara mudah agar warna oli kembali normal tentu saja dengan segera kuras oli kendaraan kamu dan ganti oli dengan yang baru. Bila perlu, bawa kendaraan ke bengkel yang terpercaya agar ditangani oleh mekanik profesional. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*