Waspadai Kendaraan Berukuran Besar saat Bermotor

0
13
Waspadai Kendaraan Berukuran Besar
Saat bermotor waspadai Kendaraan Berukuran Besar. Foto: nmc

NaikMotor – Berlalu lintas bersama kendaraan berukuran besar idealnya kita tidak dekat-dekat. Namun ada saja saat ketika terpaksa harus berada di dekat para truk transformer ini, maka waspadai kendaraan berukuran besar tersebut.

Maraknya kejadian kecelakaan yang dialami oleh pengendara sepeda motor di jalan raya, salah satunya melibatkan kendaraan besar seperti truk, kontainer dan bus. Ketika berada di dekat kendaraan-kendaraan berbodi super besar, sepeda motor pun berisiko mudah oleng dan terjatuh. Oleh karena itu, ketahuilah tips aman berikut ini untuk mengendarai sepeda motor di dekat kendaraan berukuran raksasa.

Lakukan ini waktu naik motor di dekat kendaraan besar menurut Wahana Honda:

Waspadai titik buta
Kendaraan besar memiliki area buta atau blind spot yang cukup banyak. Alhasil, banyak kendaraan berukuran kecil, termasuk sepeda motor, yang akhirnya tidak terlihat oleh pengemudi truk, bus, maupun kontainer.

Hati-hati dengan Hembusan Angin
Ketika berada di sekitar kendaraan besar dalam kecepatan tinggi, berhati-hatilah dengan hembusan angin yang menyibak dari kendaraan tersebut. Anda bisa merasa seolah-akan ‘tertiup’ sampai motor terasa oleng, dan berisiko terjatuh.

Kendaraan Besar Tidak Bisa Berhenti Tiba-tiba
Hindari berada di depan kendaraan bermuatan besar. Sebab kendaraan bermuatan besar jarak pengereman lebih jauh, dan tidak bisa mengurangi kecepatan kendaraan secara tiba-tiba.

Setelah membaca hal-hal penting di atas, diharapkan pemotor selalu waspadai kendaraan berukuran besar. Kalaupun harus mengambil jalur kiri, bunyikan klakson atau nyalakan lampu beam, dan lakukanlah dengan cepat.(Rls/Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*