Dirtbike Listrik LEN E-Tactical Stealth Trail, Buat Operasi Militer

0
Dirtbike Listrik LEN E-Tactical
Dirtbike Listrik LEN E-Tactical Stealth Trail ketika dipamerkan di IEMS 2021 di Serpong. Foto: LEN

NaikMotor – Industri elektronik asal Bandung ini berhasil membuat prototipe sepeda motor listrik. Modelnya tak biasa, dirtbike listrik LEN E-Tactical Stealth Trail bisa buat operasi militer.

LEN E-Tactical Stealth Trail hasil desain anak bangsa ini dipamerkan pada ajang pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 akhir November 2021 lalu di Serpong. Bukan motor listrik biasa, E-Tactical Stealth Trail adalah motor listrik khusus yang bisa digunakan dalam operasi militer.

E-Tactical Stealth Trail dilengkapi dengan Radio Taktikal LenSTRAD-M5 (Hand-held) dan Battlefield Management Systems (BMS). Perangkat dan sistem tersebut merupakan komunikasi suara dan data yang dapat memudahkan pertukaran data lokasi sebaran pasukan dan ditampilkan dalam wilayah geografis misi operasi, sehingga mendukung adanya interoperabilitas antar matra.

Direktur Teknologi PT Len Industri, Tazar Marta Kurniawan menjelaskan, “LEN sebagai perusahaan BUMN di bidang teknologi elektronika pertahanan, sistem transportasi, energi terbarukan dan ICT-Navigasi, berkolaborasi dengan PT Eltran Indonesia membuat terobosan baru mengembangkan motor listrik yang senyap , lincah, handal dan tangguh di semua medan. Motor trail ini juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang disesuaikan dengan misi operasinya.”

Motor listrik ini berhasil menarik perhatian Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ayodhia GL Kalake untuk berkunjung ke stand Len. Sebelumnya, E-Tactical Stealth Trail telah dikenal dan mendapat apresiasi dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam agenda kunjungan kerja di kantor Len Bandung awal bulan ini. “Prototipe motor listrik karya anak bangsa ini memiliki spesifikasi kecepatan offroad, sehingga cocok untuk berbagai medan operasi,” imbuhnya. (Rls/Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here