Dennil Sagita, Memulai Scooter VIP dari Rumah Mertua Hingga Rujukan Selebriti

0
36
Dennil Sagita
Dennil Sagita, 1 dekade membangun Scooter VIP . Foto: istimewa

NaikMotor – Scooter VIP telah menjadi spesialis rujukan modifikasi Vespa para public figure dan selebriti. Pemiliknya, Dennil Sagita memulainya dari ruang tamu rumah mertuanya di Bekasi pada 2011.

PT. Scooter Victory Inter Part atau Scooter VIP merupakan salah satu workshop dan spesialis Modern Vespa yang cukup lama berkiprah di bilangan Bekasi. Scooter VIP juga banyak diserbu artis maupun selebgram untuk mempercantik Vespa-nya. Sebut saja selebriti dan public figure seperti Andre Taulany, Gading Marten, Awkarin dan Atta Halilintar.

Pada awal berdiri, 2011, bersamaan dengan masuknya Vespa Moderen melalui APM-nya PT Piaggio Indonesia. Dennil pun mengendus peluang untuk memasarkan aksesori dan suku cadang after market Vespa, selain itu Dennil memang kepincut Vespa LX.

Dengan modal awal Rp 15 juta, Dennil berjualan dari rumahnya secara online melalui forum jual beli (FJB) Kaskus. “Melihat itu saya bertekad memasarkan aksesori dan suku cadang after market Vespa dengan modal Rp15 juta pas buat stok, dan tidak ada buat sewa tempat,” buka Dennil, “Saya sama istri terbang ke Vietnam buat belanja stok. Ruang tamu di rumah mertua pun disulap jadi tempat jualan dan etalase saya.”

Laba hasil penjualan FJB, Dennil dikumpulkan sedikit demi buat sewa ruko, kantor sekalian workshop. Langkah itu diambil Dennil, “Mengingat stok semakin bertambah dan tak enak sama mertua,” ungkap Dennil melalui wawancara eksklusifnya dengan NaikMotor.com. Workshop Scooter VIP sendiri berlokasi di bilangan Grand Galaxy City, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Di 2012, Dennil pun memberanikan diri mengajukan sebagai Distributor Tunggal Resmi produk aftermarket asal Italia yaitu Polini dan Malossi. Pada 2014, Dennil berkesempatan membuktikan keandalan produk performa khusus Vespa itu. Bersama teman-temannya, ia mengikuti ajang Balap Vespa di Sentul, dan menurunkan proyek Vespa PTS full spek Polini. Vespa Smallframe itu berhasil meraih podium, bahkan, hingga beberapa tahun sesudahnya.

Perkembangan usaha yang prospektif dan optimisme Dennil selama 5 tahun itu membuatnya semakin yakin jika Scooter VIP menjadi core business-nya. Pada 2016 itulah Dennil mengukuhkan usahanya menjadi PT. Scooter Victory Inter Part (Scooter VIP).

Bos Polini di ISC 2016

Pengakuan pun diraihnya ketika Perwakilan Polini dan Malossi pun mengunjungi usahanya. Bahkan, mereka turut menyaksikan performa produknya di event balap Vespa. Tak ketinggalan saran agar lantai 1 dimanfaatkan khusus sebagai Showroom dan Workshop.

Di tahun 2019, Scooter VIP melebar dengan membuka cabang kedua Scooter VIP di Kawasan Jemursari, Surabaya. Menurutnya, cabang-cabang akan dibentuk dengan mendekati area distribusi Vespa yang dominan, agar usahanya berkembang. Area Jawa Timur memang jadi market Vespa modern yang bagus beberapa tahun belakangan ini.

dennil sagita
Scooter VIP Surabaya

Dennil juga aktif di social media Instagram dan kanal YouTube Scooter VIP sejak 2018. Dia membangun divisi digital di Scooter VIP untuk menyajikan informasi berbagai komponen aksesoris, dan suku cadang aftermarket. Serta tips modifikasi berbagai jenis skuter klasik dan matik hasil pengerjaan Dennil bersama tim-nya. Semua hasil pengerjaan Scooter VIP dituangkan dalam bentuk video di Youtube dan Instagram. “Konsumen potensial kan butuh hasil langsung, nah ini kita sajikan juga proses pengerjaan dari awal sampai tahap akhir, jadi orang bisa belajar memodifikasi sendiri dari sini di rumah,” jelas Pria yang pernah berkuliah di jurusan Teknik Mesin, Universitas Trisakti Jakarta.

Scooter VIP semakin berkibar saat mulai menangani Vespa milik beberapa selebriti, Sejumlah Vespa garapan Scooter VIP juga dipamerkan di channel YouTube milik masing-masing seleb. Mulai dari proses pengerjaan modifikasi Vespa milik Andre Taulany, Gading Marten, Awkarin bahkan yang terakhir Atta Halilintar.

Setelah 10 tahun berusaha, tepat di tahun 2021 ini, Dennil melebarkan usaha, merambah apparel. Sebagai pembuka Dennil berkolaborasi dengan brand sepatu merek Lokal Sko Shoes merilis sepatu slip on series yang dinamakan Krafty. Produk yang juga penanda 1 dekade Scooter VIP itu ternyata dihadirkan warna warni, yang mewakili warna Vespa yang pernah dimilikinya serta hanya tersedia 120 pasang saja.

Sneakers popular ini pada awal kehadirannya dibeli oleh Awkarin, Dr Tirta, Azriel Hermansyah dan Atta Halilintar. “Semoga bisa turut meramaikan merek apparel lokal juga yah ke depannya, Bismillah, doakan saja,” tutup Dennil. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*