Aman Berkendara Setelah Hujan, Jangan Ngebut

0
Aman Berkendara Setelah Hujan
Berkendara setelah hujan masih menyimpan resiko. Foto: istimewa

NaikMotor – Akhir dan awal tahun masih dalam musim hujan, bahkan terkadang deras disertai angin. Wahana Honda pun membagikan tips bagaimana aman berkendara setelah hujan.

Akhir tahun 2021 ini hujan deras sudah seperti menu sehari-hari. Ada baiknya Anda menepi sejenak dan menunggu sampai hujan mulai reda. selain jalanan yang menjadi ekstra licin, jarak pandang pun akhirnya terbatas, ketika hujan turun dengan derasnya

Berkendara saat hujan memang beresiko lebih berbahaya, tetapi setelah hujan pun juga masih ada resikonya, apalagi jika kita menempuh kecepatan yang maksimal, karena jika setelah hujan sudah pasti jalanan itu akan licin dan berbahaya bagi para pengendara.

Berikut tips aman berkendara setelah hujan yang dilansir oleh Wahana Honda:
1. Jangan mengenderai motor dengan kecepatan maksimal
Hujan yang baru saja reda, berpotensi meninggalkan jalanan dalam kondisi lengang. Jangan jadikan kondisi ini sebagai alasan untuk memacu motor dalam kecepatan tinggi, kebut-kebutan pun akan membahayakan diri sendiri maupun para pengguna jalan lainnya.
2. Kerikil dan serpihan bahan konstruksi
Tak boleh luput dari kewaspadaan pengendara adalah kerikil yang bisa saja terbawa arus air ke jalan. Meski berukuran kecil, kerikil bisa mendatangkan bahaya. Jika pengendara motor tidak menguasai teknik pengereman yang tepat pada tikungan maupun turunan akan berpotensi menimbulkan bahaya sesudah hujan deras berhenti mengguyur jalanan.
3. Hindari genangan air
Setelah hujan deras pasti akan menyisakan genangan air di berbagai lokasi jalanan. Memprediksi kedalaman lubang jalan yang tertutup genangan air pun bukan perkara mudah. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari genangan air dan tidak menggunakan kecepatan tinggi.
4. Orang atau hewan yang menyeberang
Ketika hujan sudah reda, banyak orang-orang yang berlalu lalang bahkan mungkin menyeberang jalan. Pada ruas jalan yang tidak dilengkapi dengan zebra cross maupun jembatan penyeberangan orang (JPO), Anda harus lebih berhati-hati. Tak hanya orang, Anda wajib mewaspadai hewan seperti kucing yang bisa tiba-tiba menyeberang di depan.
(Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*