Piaggio Indonesia Mengubah Pola Pikir Berkendara Menjadi Mobilitas Gaya Hidup

0
1989
mobilitas gaya hidup
Pecinta Vespa di Indonesia dalam sunday morning ride yang telah menjadi bagian gaya hidup. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor — Di Indonesia Vespa telah memiliki sejarah yang melekat di hati masyarakat. Sejak kehadirannya di tahun 1950-an hingga saat ini, Vespa mengubah pola pikir berkendara masyarakat Indonesia yang awalnya hanya digunakan sebagai alat transportasi kini berubah menjadi mobilitas gaya hidup.

Perubahan pola pikir ini mulai bergeser sejak masuknya PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Piaggio dan Vespa di Indonesia pada tahun 2011. Saat itu, di ajang Pekan Raya Jakarta, PID memperkenalkan model Piaggio Zip 100, Piaggio Liberty 100/150 dan Vespa LX 125/ 150 dengan harga yang sangat kompetitif dibandingkan harga yang ditawarkan oleh distributor sebelumnya.

Terobosan yang dilakukan PID ini langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Gayung pun bersambut, Vespa LX 125/ 150 banyak diburu oleh kalangan anak muda yang notabene adalah pelajar, mahasiswa dan karyawan. Mereka menginginkan sebuah kendaraan roda dua yang memiliki bentuk unik dan ikonik serta berbeda dari jenis motor pada umumnya.

“Saya selalu melirik kalau ada vespa  di jalanan atau yang sedang parkir. Terus terang dengan memiliki Vespa,  Saya merasa bergengsi meskipun tetap bisa sederhana dan ingin tampil bergaya saat menungganginya.” ujar Yuri Rahadian, Ketua Kutu Community, pemilik  Vespa LX 150 3V Lansiran 2011.

mobilitas gaya hidup
Yuri Rahadian, tampil bergaya dengan Vespa kesayangannya. Foto: Yusuf Arief

Keiinginan tersebut langsung diamini oleh PID dengan menggandeng perusahaan pembiayaan untuk mempermudah masyarakat memiliki Vespa yang menjadi impiannya. Tidak itu saja, PID tiada henti memberikan informasi serta edukasi tentang produk knowledge Vespa kepada masyarakat luas dengan aktif mengikuti kegiatan pameran seperti di Mal, Pekan Raya Jakarta, Indonesia International Motor Show (IIMS), Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Tumplek Blek, Pasar Jongkok Otomotif dan lain sebagainya.

Model dan tipe Vespa juga terus dihadirkan PID untuk merangkul semua segmen. Mulai dari Vespa S 125/150, LX 125/150, Primavera 150, Sprint 150, 946, GTS Super 150 , GTS Supertech 300 hingga produk limited edition seperti, Primavera Acrobaleno, Primavera Picnic, Primavera Sean Wotherspoon, Primavera 75th Vespa, Sprint Sport, Sprint Adventure 70th Vespa, Sprint 150 i-get 10th PID, GTS 300 75th Vespa, Vespa Settantesimo 70th Vespa (Primavera, GTS 150, GTS 300 dan New PX), Sei Giorni, Vespa  GTV Sei Giorni II, 946 Ricordo Italiano, 946 Bellissima, 946 Red Edition dan 946 Emporio Armani.

Dalam setiap peluncuran produk terbaru, PID juga memberikan apresiasi kepada konsumen dalam bentuk bonus voucher aksesori hingga jutaan rupiah, yang bisa digunakan konsumen untuk meningkatkan penampilan Vespa mereka.

Pesan Vespa bukan alat transport komuter tetapi untuk mobilitas gaya hidup yang selalu digencarkan PID secara konsisten dapat dicerna dengan mudah oleh masyarakat Indonesia. “Ya dengan naik Vespa saya lebih memperhatikan dengan masalah stylish, terutama fashion. Karena bicara Vespa kita bicara life style bukan hanya sekedar alat transportasi.” ucap Iil Prasetio dari komunitas Vesplore Bali yang menunggangi Vespa S 150 3V 2014.

mobilitas gaya hidup
Iil Prasetio, bicara Vespa bicara life style. Foto: Istimewa

Perubahan pola pikir berkendara menjadi mobilitas gaya hidup yang telah mengalami proses semenjak PID hadir di Indonesia selama 10 tahun ini juga diungkapkan oleh Dennil Sagita, Owner rumah modifikasi Scooter VIP yang menjadi langganan public figure dan selebram untuk mempercantik Vespa kesayangannya. Sebut saja, Andrey Taulany, Gading Marten, Awkarin dan Atta Halilintar

“10 tahun belakangan ini pengguna Vespa didominasi oleh anak muda. Jelas mereka ingin Vespa kesayangannya tampil lebih stylish. Ditambah Vespa juga sering kolaborasi dengan designer, artis hingga penyanyi.” ungkapnya.

mobilitas gaya hidup
Selebgram Awkarin mempercantik Vespa kesayangannya di Scooter VIP. Foto: Scooter VIP

Sementara itu, program test ride yang terus digulirkan secara tidak langsung mengajak orang yang mencoba kendaraan ikonik asal Italia ini untuk tampil bergaya saat mengendarainya. Seperti pada mini test ride yang digelar PID untuk awak media di kawasan Tangerang Selatan, Jumat (17/12). Naikmotor.com yang menjadi salah satu peserta mini test ride berkesempatan mencoba kenyamanan dari Vespa Sprint S berkelir biru.

Meski hanya sekitar 30 menit mencobanya, namun ada rasa bangga saat menungganginya. Vespa Sprint S yang kami kendarai menjadi perhatian para pengguna jalan lain karena bentuknya yang unik dan warnanya yang mencolok.

mobiltas gaya hidup
Mini test ride Vespa Sprint S. Foto: Forwot

Komiten PID untuk hanya memberikan produk dan layanan terbaik bagi konsumen dan pecinta Vespa di tanah air, ditunjukan dengan memperluas jaringan dealer di seluruh wilayah Indonesia. Konsep Motoplex yang diusungnya mulai diterapkan saat PID secara resmi menjadi APM Aprilia dan Moto Guzzi di Indonesia pada Oktober 2015. Sejak saat itu semua produk Piaggio, Vespa, Moto Guzzi dan Aprilia dilayani dalam satu atap, dengan standar global, MotoPlex.

Tahun 2021 menjadi momen bersejarah bagi PID yang telah sukses menghadirkan berbagai produknya sebagai kendaraan roda dua premium yang menjadi mobilitas gaya hidup. Selama 10 tahun di Indonesia, PID telah melakukan berbagai terobosan yang mendapat tempat di hati masyarakat.

Momentum ini juga dimanfaatkan PID untuk membangun pabrik seluas 6 hektar di Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas produksi Vespa ini berkapasitas 10 ribu unit pertahun. Menandai 10 tahun kiprahnya di Indonesia, PID menghadirkan PT Piaggio Indonesia 10th Anniversary Vespa Sprint150 i-get Limited Edition yang hanya diproduksi 1010 unit. (YA/ NM)

LEAVE A REPLY

*