Waspadai Potensi Bahaya Saat Berkendara, Dasar Berkendara Aman

0
15
Potensi Bahaya Saat Berkendara
Kenali Potensi Bahaya Saat Berkendara meski sudah dengan perlengkapan berkendara lengkap. Foto: DGR

NaikMotor – Meski sudah mengenakan riding gear yang safety seperti helm, jaket, dan sepatu berpelindung, namun potensi bahaya saat berkendara masih ada. Berikut potensi-potensi bahaya tersebut yang bisa saja di luar kendali pengendara.

Dengan mengasah kemampuan dalam memprediksi bahaya saat naik motor, kita memang dapat meningkatkan perlindungan terhadap diri sendiri ketika berkendara di jalan. Namun, ada potensi bahaya saat berkendara yang berada di luar kendali dan harus tetap dipertimbangkan.

Berikut Ini adalah hal-hal yang harus diwaspadai saat berada di jalan yang dilansir dari wahanahonda.com, waspadailah hal-hal berikut ini, yang bisa memicu bahaya ketika sedang mengendarai motor melintasi jalan sehari-hari:

Keadaan jalan
Saat mengendarai kendaraan bermotor, kita sering melalui jalan berlubang, bergelombang, maupun yang berpasir hingga berkerikil. Ketika Anda mengetahui ada jalanan yang berlubang di depan, maka kontrol kecepatan motor dan posisikan tubuh setengah berdiri. Dengan begini, guncangan pada badan bisa berkurang. Sementara itu pada jalan berpasir, Anda sebaiknya tidak melakukan pengereman secara mendadak, yang akan membuat roda terkunci dan akhirnya membuat terjatuh.

Pengguna jalan lain
Pengendara lain yang ugal-ugalan harus diwaspadai, dengan menjaga jarak aman selama berkendara. Selain itu, pejalan kaki yang menyeberang sembarangan pun tak jarang membuat pengendara motor kaget atau panik, sehingga tergelincir.

Hewan
selalu kenakan helm dengan kaca yang mampu melindungi wajah. Di malam hari, kumpulan laron pun dapat mengganggu konsentrasi. Serangga yang terbang pun ternyata berpotensi menimbulkan bahaya, termasuk lebah yang dapat sewaktu-waktu menyengat wajah. Oleh karena itu,

Hujan dan angin kencang
Hujan menyisakan jalanan yang licin dan berpotensi membuat ban selip. Sementara itu, angin kencang dapat mengganggu keseimbangan pengendara motor, terutama motor matic. Jarak pandang pun jadi terbatas akibat hujan dan angin kencang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menepi dan menunggunya mereda, sebelum melanjutkan perjalanan.
Selain mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara, simpan juga nomor-nomor penting di ponsel, yang bisa dihubungi sewaktu-waktu ketika Anda menghadapi keadaan darurat akibat bahaya di jalanan. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*