Hindari Bahaya NaikMotor Saat Hujan dengan Menerapkan Tips ini…

0
tips berkendara musim hujan
Berkendara di musim hujan memerlukan fokus dan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi. Foto: Yamaha

NaikMotor – Berkendara di bawah guyuran hujan bisa lebih berbahaya, oleh karena itu, Yamaha Riding Academy Bangka Belitung (YRA BaBel) memberikan beberapa tips NaikMotor saat musim hujan demi meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. 

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat Motoris harus lebih berhati-hati saat berkendara. Selain faktor waspada, pengendara sepeda motor juga sebaiknya menyiapkan safety gear dengan baik dan benar, agar tetap bisa NaikMotor dengan aman saat hujan turun.

“Di bumi Serumpun Sebalai sendiri kondisi cuaca terkadang tidak menentu, curah hujan yang kadang-kadang turun lumayan ekstrem membuat pengendara motor harus lebih waspada dan bijak saat berkendara. Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menerapkan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan. Untuk itu YRA Babel berbagi tips yang bisa dijalani ketika menghadapi kondisi hujan di jalanan,” ujar Oriansah. M, Instruktur YRA Babel dari Main Dealer Yamaha CV. Sumer Jadi (Bangka & Belitung).

tips berkendara musim hujan

Ini dia beberapa tips berkendara saat hujan:

  • Jaga jarak aman

Jarak aman diperlukan untuk menghindari kecelakan karena jalan lebih licin, sehingga traksi atau daya cengkram pada roda motor berkurang.

  • Selalu Waspada

Usahakan untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan berlubang, atau orang yang menyeberang. Tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

  • Mengatur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

  • Penggunaan Safety Gear yang Tepat

Gunakan safety gear yang tepat, dengan ukuran sesuai dan berwarna cerah, seperti jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), helm dengan visor bening, sepatu anti air atau karet, dan menggunakan sarung tangan.

  • Perhatikan kondisi kendaraan

Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Untuk menghindarinya perhatikan hal berikut:

  1. Kondisi rem yang pakem
  2. Kembangan ban yang bagus atau tidak gundul
  3. Tekanan ban yang sesuai dengan standar spek
  4. Electrical / lampu berfungsi baik
  5. Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical
  6. Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima.

Itu tadi beberapa tips berkendara saat musim hujan yang dapat diperhatikan dan diterapkan demi meminimalisir bahaya. Tetap hati-hati dan patuhi peraturan lalu lintas, ya! (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here