Rantai Wajib Dilumasi Setiap 500 KM Pakai Chainlube, Lain Lagi Kalau Hujan

0
Rantai Wajib Dilumasi
Rantai harus dirawat mengingat fungsi vitalnya sebagai penerus daya mesin. Foto: istimewa

NaikMotor – Sepeda motor berbasis sport menggunakan rantai sebagai penerus daya mesin ke roda. Rantai perlu perawatan dan wajib dilumasi setiap 500 km pada kondisi normal.

Rantai yang tidak dirawat dan dilumasi akan mempercepat keausan, atau kendur. Bahayanya, rantai bisa mudah lepas dari sproket bahkan putus.

Rantai Wajib Dilumasi

Untuk itu, lakukan perawatan periodik pada rantai penggerak sepeda motor itu. Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK mengatakan, “Rantai wajib dilumasi dan dibersihkan, agar usia pakai lebih lama.”

Menurut Diko, rantai dilumasi setiap 500 km, gunakan chain lube, jangan pelumas mesin. Lumasi pada bagian roller link dan master link rantai. Sementara itu lakukan pembersihan setiap 1.000 km dengan cara semprot dengan air, jangan menggunakan solvent seperti bensin, atau solar. Gunakan sikat lembut jika kotoran membandel dan semprot dengan chain cleaner. Keringkan dan lumasi dengan chain lube.

Tetapi pelumasan dan pembersihan rantai harus dilakukan lebih kerap jika berkendara di musim hujan. Apalagi setelah melakukan kegiatan offroad, rantai harus segera dirawat. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here