Jelang Tes Resmi MotoGP Mandalika, Michelin Siapkan 3 Tipe Ban Ini

0
Sirkuit Buddh Mirip Spielberg dan Buriram

NaikMotor – Setelah berlangsung di Sirkuit Sepang Malaysia pada 5-6 Februari 2022, tes resmi MotoGP Mandalika akan dilanjutkan 11-13 Februari 2022. Sebagai pemasok tunggal ban MotoGP, Michelin telah menyiapkan berbagai persiapan menyambut tes pramusim tersebut.

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu dari empat lokasi tes pramusim MotoGP 2022, selain Jerez (Spanyol), Sepang (Malaysia), dan Algarve (Portugal). Tes pramusim menjadi ajang bagi para pembalap untuk menjajal dan membiasakan dengan kondisi lintasan sirkuit, juga untuk menentukan pemilihan ban yang akan dipergunakan.

Michelin Two Wheels Motorsport Manager, Piero Taramasso mengatakan untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan.

“Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini,” kata Piero. Pada tes resmi MotoGP Mandalika, Michelin akan mengirimkan tim yang terdiri dari para tyre fitter dan race tyre engineer .

“Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrim di lintasan,” ujar Piero yang telah berkarir selama 33 tahun di Michelin dan menghabiskan 20 tahun terakhir menjadi bagian tim Motorsport.

Ia menambahkan dalam proses uji pramusim di sirkuit Mandalika, seperti pada seri-seri di sirkuit lainnya, ada tiga spesifikasi ban Michelin jenis slick  yang akan dicoba yaitu tipe soft, medium dan hard. Para pembalap akan mencoba ketiga tipe ban tersebut dalam sesi latihan bebas selama akhir pekan.

Setelah itu para pembalap akan memilih tipe yang menurut mereka terbaik dalam hal cengkeraman dan daya tahan untuk digunakan dalam balapan pada 20 Maret 2022. Untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan mengirimkan tak kurang dari 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi. (rls/NM)

LEAVE A REPLY