Counter Steer Honda GoldWing, Mirip Self Balancing Anti Gubrag

0
Counter Steer Honda GoldWing
Sketsa paten Counter Steer Honda GoldWing. Foto: blogo

NaikMotor – Self balancing sudah beberapa kali ditampilkan sebagai konsep pada sepeda motor. Tetapi sistem yang mirip, counter steer Honda GoldWing malah sudah dipatenkan.

Berkendara dalam kecepatan rendah sangat merepotkan karena pengendara lebih banyak olah kemudi agar sepeda motor tetap seimbang. Salah satu upayanya adalah counter steer agar sepeda motor tetap tegak.

Counter Steer Honda GoldWing

Tetapi pada paten yang diajukan Honda tampaknya counter steer untuk GoldWing itu otomatis. Sistem mengandalkan aktuator kecil yang bekerja pada clamp stang akan dipasang di dekat komstir dan dihubungkan ke kemudi atas melalui tuas.

Ketika sistem mendeteksi kurangnya keselarasan antara kedua roda, sistem mendorong kemudi untuk menyeimbangkan nya. Dalam praktiknya, dengan membaca data dari sensor dan platform IMU, unit kontrol akan dapat mengaktifkan motor listrik untuk mengerahkan gaya di atas dengan cara yang sebanding dengan arah gaya yang bisa menyebabkan sepeda motor jatuh.

Pada prinsipnya, sistem ini tampaknya sangat mirip dengan konsep sepeda motor self-balancing yang dipresentasikan oleh Intellias Ukraina pada CES 2022. Sistem Honda seharusnya hanya menjadi alat bantu mengemudi, yang hanya akan campur tangan jika terjadi potensi tergelincir atau jatuh, tetapi tidak salah untuk berasumsi bahwa, dengan beberapa pembaruan, pada gilirannya akan menjaga sepeda motor tetap dalam keseimbangan saat bergerak pelan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here