Beda Aki Basah dan MF, Bisa Dilihat Langsung Masing-masing Cirinya

0
Beda Aki Basah dan MF
Aki MF produk Aspira. Foto: istimewa

NaikMotor – Accumulator atau accu atau aki bisa disebut juga baterai merupakan komponen vital bagi sepeda motor maupun mobil. Tapi tahukah beda aki basah dan MF atau biasa disebut aki kering?

Aki disebut komponen vital terutama pada model masa kini yang berfitur serba elektronik mulai dari key smart, starter elektrik, hingga USB charger. Aki juga berhubungan dengan kelistrikan yang ada pada kendaraan dan juga menyediakan sumber energi untuk lampu utama dan sein. Bicara tentang aki, ada dua istilah yang umum dikenal yaitu aki basah dan maintenance free atau aki kering. Walaupun memiliki perbedaan nama, keduanya sama-sama menggunakan cairan elektroda atau yang biasa disebut elektrolit (air aki).

Aki kering dan aki basah memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja? Ini dia beda aki basah dan MF yang dikutip dari Wahanahonda.com:

Beda Cairan. Aki basah biasanya menggunakan cairan yang lebih encer, sedangkan aki kering menggunakan cairan yang menyerupai gel.

Beda Separator. Separator yang digunakan pada aki kering berbentuk kapas dan tidak mudah terguncang walupun dibalik ke atas dan ke bawah. Sedangkan aki basah apabila diguncang akan tumpah.

Beda Harga. Aki kering relatif lebih mahal daripada aki basah. Sebab aki kering pengembangan dari aki basah yang minim perawatan atau maintenance free. Sedangkan aki basah harus sering dirawat agar tidak terjadi trouble yang merembet ke sistem kelistrikan kendaraaan.

Beda Wadah. Wadah aki basah terlihat lebih transparan, karena untuk memudahkan memeriksa ukuran minimum dan maksimum air aki yang dituang ke dalamnya. Untuk air aki atau sering disebut air zuur memiliki fungsi merendam cell-cell aki yang ada pada tipe aki basah.

Wadah aki kering biasanya berwarna gelap dan tidak terdapat lubang-lubang untuk mengisi air aki. Tidak adanya lubang-lubang tersebut dikarenakan aki kering menggunakan cairan yang berbentuk gel. Gel yang terdapat pada aki kering memiliki tingkat penguapan yang sangat kecil, karena uap yang dihasilkan tidak terbuang keluar maka volumenya tetap terjaga.

Persamaan Perawatan
Ada persamaan aki kering dan aki basah dalam hal perawatan, yaitu mesti sama-sama rutin difungsikan. Maksudnya, kendaraan harus dinyalakan, tidak boleh diparkir terlalu lama karena akan membuat zat elektroda membeku. Walapun misalnya jarang dipakai, kendaraan harus tetap dipanaskan. Itu berpengaruh juga terhadap aki, kalau terlalu lama tidak menyala.

Tips penting dalam merawat aki adalah membersihkannya secara berkala. Dan bagian yang perlu mendapatkan perhatian adalah terminal aki, yang biasanya tertutup debu dan kotoran. Jika tertutup kotoran akan menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen kendaraan menjadi terhambat. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here