Tips Aman Membonceng Anak dari Wahana, Patuhi Aturan Berlalu Lintas

0
tips berkendara anak
Wahana berikan tips cara berkendara dan berboncengan dengan anak kecil. Foto: Istimewa

NaikMotor – Sepeda motor memang umumnya didesain untuk berboncengan. Wahana Honda memberikan tips aman bagaimana bonceng anak dengan aman.

Aktivitas membonceng anak-anak bisa dilakukan untuk sekadar menikmati pemandangan maupun untuk jarak jauh. Namun, aktivitas ini tetap perlu memerhatikan beberapa hal agar perjalanan semakin aman dan nyaman.

Membonceng si buah hati tidak boleh asal. Untuk itu, Wahana Honda memberikan beberapa tips aman, agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan saat bonceng anak.

– Helm sesuai ukuran
Helm menjadi perlengkapan utama dalam berkendara, tak terkecuali untuk pembonceng. Jika membonceng anak-anak, pastikan helm sesuai dengan ukuran kepala si anak agar tidak mudah lepas.

– Tidak mengangkang
Ajarkan anak agar posisi kakinya tidak mengangkang saat duduk di motor. Hal ini dilakukan agar kaki si kecil tidak melebar yang berpotensi terbentur kendaraan lain.

– Bonceng di belakang
Posisi duduk anak wajib ada di belakang pengendara. Jika diletakkan di depan, hal ini bisa menghalangi konsentrasi berkendara dan si anak lebih banyak terkena angin dan debu.

– Usia layak membonceng
Perhatikan apakah anak yang akan dibonceng sudah siap secara umur dan postur. Hindari membonceng anak yang masih terlalu kecil, sebaiknya gunakan kendaraan umum atau roda empat.

– Sudah bisa pegangan
Hal ini juga berkaitan dengan poin di atas. Pastikan anak sudah mampu berpegangan secara kuat. Jika belum, Anda bisa gunakan alat pengikat tambahan agar anak tidak mudah terjatuh.

– Rem secara halus
Membonceng anak harus dilakukan secara lebih hati-hati jika dibandingkan dengan membonceng orang dewasa. Jangan melajukan kendaraan secara kencang dan gunakan rem secara lebih halus.

– Jangan biarkan anak mengantuk
Kondisi mengantuk menjadi salah satu musuh terbesar saat berkendara. Jangan sampai anak juga mengalami hal ini karena dapat menyebabkan keseimbangan anak berkurang.

– Waktu tempuh
Sudah selayaknya jika membonceng anak-anak janganlah berkendara terlalu lama dan tidak terlalu jauh. Sebab, kondisi fisik mereka tidak sekuat orang dewasa.

– Pijakan sesuai anak
Untuk berkendara bersama keluarga gunakan sepeda motor yang punya tempat pijakan khusus buat kaki anak. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*