Suzuki Ecstar: Balapan di MotoGP Mandalika itu Sulit, Tetapi Hasilnya Baik

0
Alex Rins
Alex Rins, pembalap Suzuki Ecstar, jelang balapan di MotoGP Mandalika. Foto: Suzuki Ecstar

NaikMotor – Balapan di MotoGP Mandalika pada Minggu (20/3/2022) diakui oleh tim Suzuki Ecstar sebagai balapan yang sulit. Namun, dua pembalapnya, Alex Rins dan Joan Mir, masing-masing finis di urutan kelima dan keenam.

Keduanya mengaku bahwa balapan di MotoGP Mandalika ini sangat sulit. Pasalnya, cuaca hujan yang terus turun membuat trek menjadi basah dan licin sehingga balapan diundur kurang lebih sejam 15 menit.

Hal ini memaksa kedua pembalap asal Spanyol ini tidak ingin mengambil risiko. Mereka hanya ingin berjuang menampilkan yang terbaik tanpa kesalahan hingga terjatuh dari total 20 lap.

“Untungnya kami bisa memulai balapan; Saya sangat khawatir dengan kondisinya dan tidak tahu apakah itu bisa dilanjutkan. Itu adalah balapan yang sulit, saya membuat awal yang baik dan mencoba segalanya untuk naik podium, tetapi setelah beberapa momen besar di bagian depan saya mencoba untuk tenang dan menjadi lebih halus,” kata Rins.

Bagi Rins, hasil akhir finis kelima ini merupakan hasil yang baik, mengingat cuaca yang tidak mendukung. Untuk itu, pembalap 26 tahun ini ingin terus bisa tampil konsisten di sepanjang musim MotoGP 2022 ini.

“Ketika Zarco dan Quartararo melewati saya, saya melihat bahwa mereka memiliki kecepatan yang lebih baik daripada saya, dan saya menyadari bahwa saya tidak dapat berbuat lebih banyak tanpa risiko besar. Jadi, saya mengambil tempat kelima, yang tidak buruk untuk balapan yang sulit dan akhir pekan yang sulit di mana saya berjuang dengan kondisi fisik saya. Saya senang mendapatkan poin dan saya ingin melanjutkan dengan konsistensi,” ujarnya.

Serupa dengan Rins, Mir juga mengungkapkan hal yang sama. “Saya sangat senang dengan performa saya; Saya mulai dari belakang grid dan selesai dekat dengan grup teratas. Pada akhirnya saya bisa mendapatkan perasaan yang lebih baik dengan motor yang memungkinkan saya untuk menjadi lebih cepat. Kami telah bekerja keras sepanjang akhir pekan dan kami telah menemukan beberapa peluang, meskipun di awal kami berencana menggunakan pengaturan untuk lintasan kering. Pada balapan hari ini saya sedikit kesulitan untuk menghentikan motor, tetapi saya bisa memulai dengan baik dan mempertahankan posisi yang layak,” ucap Mir.

Di sisi lain, Suzuki Ecstar paham bahwa cuaca seperti ini sangat mempengaruhi jalannya balapan di MotoGP Mandalika. Untuk itu, pabrikan asal Jepang ini sangat senang bahwa kedua pembalapnya bisa meraih poin di kondisi cuaca seperti ini.

“Mengingat akhir pekan yang sulit, balapannya tidak buruk. Kedua pembalap menunjukkan kecepatan yang baik meskipun dalam kondisi yang sangat sulit. Kuncinya adalah menyelesaikan balapan dan membawa pulang poin, dan itulah yang dilakukan Alex dan Joan. Ini adalah pertama kalinya kami di sini, dan kami senang balapan dapat berlangsung di depan semua penonton. Kami masih di awal musim, dan saya menganggap bahwa kami bisa bahagia dan bergerak maju dengan positif,” tutur Livio Suppo, Team Manajer Suzuki Ecstar.

Ken Kawauchi, Technical Manager Suzuki Ecstar, pun mengucapka terima kasih banyak kepada pihak yang telah bekerja sama untuk hasil baik ini. “Akhir pekan ini sangat sulit karena banyak faktor; kondisi trek, cuaca, dan juga masalah yang kami alami dengan set-up. Tetapi, posisi kelima dan keenam itu tidak buruk dan kami menganggapnya sebagai tanda positif untuk balapan berikutnya. Kami tidak terlalu jauh dari podium hari ini, dan semoga kami akan segera berada di sana. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua tim atas kerja keras mereka di sini,” pungkas Ken. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here