Yamaha TY-E 2.0, Disiapkan Untuk Kejuaraan Dunia Trial FIM 2022

0
Yamaha TY-E 2.0
Yamaha TY-E 2.0. Foto: Yamaha

NaikMotor – Yamaha baru saja merilis sepeda motor listrik trial, TY-E 2.0, Kamis (24/3/2022). Nantinya, motor listrik ini disiapkan untuk mengikuti balapan Kejuaraan Dunia dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

Proyek pengembangan TY-E 2.0 ini sebagai bentuk salah satu pendekatan unik Yamaha untuk mencapai netralitas karbon. Di bawah konsep pengembangan FUN x EV, TY-E 2.0 ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak kesenangan berkendara, namun tetap ramah lingkungan.

TY-E 2.0 ini dikembangkan berdasarkan model TY-E versi pertama yang diumumkan peluncurannya pada 2018 lalu. Motor listrik ini menggunakan rangka monokok yang terbuat dari laminasi komposit melalui kombinasi komponen mekanis dan kontrol elektronik.

Yamaha TY-E 2.0

Motor listrik ini sudah menggunakan baterai ringan yang baru dikembangkan. Kapasitasnya lebih besar dari versi sebelumnya, yakni 2,5 kali lebih besar dari model sebelumnya.

Dengan kapasitas lebih besar, baterai ini tentu menyediakan daya yang lebih tinggi. Meski begitu, baterai ini mampu menjaga peningkatan bobot hingga sekitar 20 persen.

Yamaha TY-E 2.0

Nantinya, TY-E 2.0 baru dijadwalkan untuk berpartisipasi di FIM Trial World Championship 2022 pada Juni mendatang, dengan Kenichi Kuroyama sebagai pembalapnya dari tim Yamaha Factory Racing Team.

Motor listrik ini juga akan dipamerkan di booth Yamaha Motor dalam event otomotif Tokyko Motorcycle Show ke-49 yang akan berlangsung mulai 25 hingga 27 Maret besok. (Galih/Prob/NM)

Spesifikasi Yamaha TY-E 2.0

Lenght x Width x Height : 2.003 x 830 x 1.130 mm
Wheelbase 1.310 mm
Minimum Ground Clearance: 340 mm
Curb Weight Over: 70 kg
Motor Type: AC synchronous electric motor
Battery Type: Lithium-ion
Clutch: Hydraulic, Wet, Multi-plate
Frame Type: CFRP Monocoque

LEAVE A REPLY

*