Yamaha Kembangkan Electric Power Steering Untuk Sepeda Motor

0
Electronic power steering
Yamaha kembangkan sistem Electronic Power Steering untuk sepeda motor. Foto: rideapart

NaikMotor – Yamaha saat ini sedang mengembangkan teknologi electric power steering (EPS) untuk sepeda motor. Sistem prototipe ini merupakan bagian dari Transforming Mobility Initiative Yamaha.

EPS milik Yamaha ini berbeda dengan yang ada pada kendaraan roda empat. EPS prototipe Yamaha ini menggunakan sensor torsi dan teknologi magnet untuk meringankan stang di kecepatan rendah dan menstabilkan stang di kecepatan tinggi.

Selain itu, tujuan dari pengembangan sistem electric power steering ini juga mengarah kepada kemudahan, kenyamanan, serta keamanan selama berkendara. Hal ini dapat diperoleh berkat kemajuan teknologi.

Electric power steering

Teknologi ini tengah diuji pada sepeda motor balap Yamaha YZ450FM dan YZ250F. Kedua motor ini merupakan motor yang digunakan dalam ajang All Japan Motocross Championship.

Dipilihnya kedua motor tersebut juga karena peruntukkannya yang berat, yakni off-road. Jika kinerjanya baik dalam hal kerja berat, maka sistem ini tentu juga akan berfungsi untuk peruntukkan sehari-hari.

Ke depannya, bukan tidak mungkin jika pabrikan raksasa otomotif asal Jepang tersebut menerapkan sistem EPS di semua lini produknya. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here