Aleix Espargaro Cetak 3 Rekor Usai Menang di MotoGP Argentina

0
Aleix Espargaro
Aleix Espargaro, pembalap Aprilia Racing, meraih podium pertama di MotoGP Argentina. Foto: MotoGP

NaikMotor – Aleix Espargaro, pembalap Aprilia Racing, baru saja memenangi MotoGP Argentina pada Minggu (4/4/2022). Kemenangannya di Sirkuit Termas de Rio Hondo ini rupanya menghasilkan 3 rekor baru.

Ini adalah podium pertama bagi Aleix di kelas MotoGP. Podium tertinggi ini juga sekaligus menjadi yang pertama bagi Aprilia selama keikut sertaannya dalam ajang balap motor paling bergengsi ini.

Terakhir, Aleix juga menjadi pembalap pertama yang mengklaim pole position di tiga pabrikan berbeda di kelas utama ini, yakni Forward Yamaha pada 2014, Suzuki pada 2015, dan Aprilia pada 2022 ini.

Jelas 3 rekor tersebut membuat ia dan timnya sangat bangga. Apalagi, pembalap asal Spanyol ini harus bersusah payah bertarung dengan Jorge Martin (Pramac Ducati) untuk merebut podium pertama.

Dalam balapan ini, Aleix juga merasakan jika motor Aprilia RS-GP miliknya belum sempurna lantaran ia kesulitan mendapatkan grip serta terdapat permasalahan pada sistem elektronik motornya.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian ini. Kami menempuh jalan yang panjang untuk sampai ke tahap ini. Ini bukan balapan yang sederhana karena saat balapan saya sedikit kesulitan karena kekurangan grip. Saya pun tidak putus asa. Saya mencoba mengubah pengaturan elektronik beberapa kali untuk mengatasi masalah ini dan, pada akhirnya saya berhasil memperbaikinya,” kata Aleix dalam situs resmi Aprilia.

“Saya juga lebih cepat dari Martin, tetapi sama sekali tidak mudah untuk menyalipnya. Saya belum pernah dalam posisi bertarung untuk menang di MotoGP. Itu benar-benar menarik, terutama lap terakhir. Saya sangat bahagia untuk Aprilia, untuk saya, dan untuk keluarga saya. Kami layak mendapatkannya.”

Berkat kemenangan ini, Aleix berhasil memimpin klasemen sementara MotoGP 2022. Pembalap 32 tahun ini berada di puncak klasemen dengan total 45 poin dan berjarak tujuh poin dari Brad Binder (Red Bull KTM) yang ada di posisi kedua.

“Saya ingin berterima kasih sekali lagi kepada semua kru tim yang telah bekerja keras di Noale dan juga Grup Piaggio atas dukungannya. Sekarang kami memimpin di klasemen. Kami akan mencoba memanfaatkan momen positif ini, terus bersenang-senang, dan menjaga posisi ini agar kokoh di puncak,” ucap saudara kandung Pol Espargaro ini. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here