Honda Vario 160 Diklaim Masih Aman Diisi Pertalite

0
Honda Vario 160
Honda Vario 160. Foto: AHM

NaikMotor – Honda Vario 160 diklaim masih aman jika diisi bahan bakar beroktan RON 90 (Pertalite). Informasi ini dikabarkan langsung oleh Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Sebagaimana diketahui, harga bahan bakar beroktan RON 92 (Pertamax) sudah meningkat dari Rp9.200 menjadi Rp12.500 per liternya. Kenaikan harga ini jelas menimbulkan pro dan kontra, tak terkecuali dari pengendara sepeda motor.

Honda Vario 160

Menanggapi fenomena ini, tentu timbul pertanyaan apakah Vario 160 bisa diisi oleh BBM beroktan rendah, salah satunya Pertalite, mengingat harga Pertamax yang semakin mahal. Apalagi, kompresi dari motor ini tinggi, yakni 12:1.

Menurut Reza, Vario 160 ini bisa diisi oleh BBM beroktan rendah, bahkan dengan oktan RON 88 (Premium) juga masih diperbolehkan. Hal ini bisa terjadi karena sistem PGM-FI dari Honda sudah canggih.

“Pada spesifikasi Vario 160 ini di buku pedomannya sudah ada, walau kompresinya tinggi, tetapi masih bisa digunakan oktan minimun 88 dan tanpa ada penyesuaian apapun karena sistem PGM-FI sudah canggih. Efek jangka panjang juga tentu tak ada masalah karena minimum bisa gunakan oktan 88,” kata Reza, Kamis (7/4/2022).

Honda Vario 160

Bagi sebagian masyarakat, mereka juga mengakali harga BBM yang semakin mahal dengan cara menambahkan oktan booster. Namun, hal ini tidak disarankan oleh Reza karena kandungan zat aditif yang terdapat pada oktan booster tidak diketahui.

Jika zat aditifnya tidak cocok, justru hal ini membahayakan untuk motor itu sendiri, seperti timbul kerak dan lain sebagainya. Inilah yang ditakutkan jika memaksakan memakai produk tambahan dari oktan booster.

“Oktan booster itu kami dari ATPM tidak merekomendasikannya karena kami tidak mengetahui kandungan zat aditifnya, apakah kandungan booster tersebut mengandung efek lebih baik dari standarnya, atau ada efek samping yang dirasakan mesinnya, misalnya malah menambah kerak,” ujar Reza. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here