Ingin Ubah Vario 160 CBS ke ABS? Bisa, Tapi Butuh Banyak Pengorbanan

0
580
Honda Vario 160
Honda Vario 160 mejeng di IIMS Hybrid 2022. Foto: Galih

NaikMotor – Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) pada kendaraan memang terbukti lebih baik daripada tipe Combi Brake System (CBS). Untuk itu, PT Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan tipe ABS untuk melengkapi tipe CBS di jajaran produk Honda Vario 160 2022.

Namun, bagaimana jika seandainya pemilik Vario 160 tipe CBS ingin mengubah sistem pengeremannya menjadi tipe ABS? Reza Reza Resdie, Technical Service Division PT AHM, mengatakan bahwa hal ini memang bisa dilakukan jika memodifikasinya.

Sayangnya, memodifikasi sistem pengereman ini perlu banyak pengorbanan, tak hanya soal uang, tetapi juga cukup menyita waktu. Banyak hal yang perlu dilakukan penggantian, seperti kabel rem, cakram, hingga pelek.

“Jika dimodif ya bisa, tetapi akan ada banyak hal yang harus diganti. Pertama, harus menambah modulator ABS dan segala hal terkait lainnya. Maka, harus juga mengganti kelistrikannya. Di bagian mekanisme roda belakang yang pelek awalnya didesain untuk drum brake, jika mau ganti yang disc brake, ya harus diganti juga peleknya,” kata Reza.

“Untuk tipe CBS ke ABS, maka fitur CBS-nya harus dicopot karena konsekuensi aplikasi memodifikasi menggunakan fitur ABS. Kalau CBS ada connecting cable handle rem kiri dan kanan, maka hal itu akan hilang jika diubah ke ABS.”

Honda Vario 160

Meski memang bisa diubah ke tipe ABS, Reza tetap tidak menyarankan melakukan hal tersebut, sebab penggantian sistem ini akan menghanguskan garansi pabrik. Inilah pengorbanan terakhir yang menjadi konsekuensi bagi pemilik Vario 160 jika ingin mengganti sistem pengeremannya.

“Kami tidak merekomendasikan sebenarnya karena pasti akan menggugurkan garansi dan belum tentu kinerjanya menjadi lebih optimal. Secara segi ekonomisa juga bisa jadi dengan modifikasi tipe CBS ke ABS, itu ongkosnya akan lebih mahal jika langsung beli motor yang tipe ABS,” ujar Reza.

Di sisi lain, ABS dari Vario 160 2022 masih menggunakan ABS satu channel. Menurut Reza, hal ini masih tahap wajar karena kapasitas mesin yang dimiliki Vario ini juga tergolong kecil.

“Sebenarnya tidak masalah. Tetapi berkaitan dengan value for moneynya, ABS 1 channel di harga segini sudah cukup. Jadi, ini memang murni lebih ke arah value for moneynya,” ucap Reza. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*