5 Fakta Kualifikasi MotoGP AS 2022: Ducati Menggila, Marquez Menurun

0
18
Kualifikasi MotoGP AS 2022
Tiga pembalap Ducati sukses mengamankan tiga posisi terdepan di kualifikasi MotoGP AS 2022. Foto: MotoGP

NaikMotor – Sesi kualifikasi MotoGP Amerika Serikat (AS) telah berakhir pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB. Hasilnya, terdapat 5 fakta yang terjadi dari kualifikasi MotoGP AS ini.

Di sesi ini, Jorge Martin dari Pramac Ducati, berhasil mengamankan pole position dengan waktu terbaik 2 menit 02,039 detik. Ia pun hanya unggul dari Jack Miller (Ducati Lenovo) yang lebih lambat 0,003 detik darinya.

Grid terdepan pun dilengkapi dengan rekan setim Miller, Francesco Bagnaia. Dari ketiga pembalap ini, sudah diketahui bahwa Ducati memang menguasai sesi kualifikasi MotoGP AS 2022 ini.

Ketika Ducati sedang kuat-kuatnya, performa Marc Marquez justru menurun. Padahal pembalap andalan Repsol Honda ini merupakan raja di Circuit of the Americas (COTA) ini. (Galih/Prob/NM)

Berikut 5 fakta dari hasil kualifikasi MotoGP AS 2022

1. Jorge Martin meraih pole position dengan waktu lap 2 menit 2,039 detik. Catatan ini rupanya mampu memecahkan rekor lap yang sebelumnya dicetak oleh Marc Marquez pada 2015 lalu, yakni 2 menit 2,135 detik. Otomatis, Martin menjadi manusia tercepat yang pernah mengukir lap kualifikasi di COTA.

2. Catatan pole position dari Martin ini membuat Ducati sukses meraih pole untuk kedua kalinya secara beruntun setelah Bagnaia juga melakukan hal yang sama di COTA pada tahun lalu.

3. Selain Martin, Miller, dan Bagnaia, ketangguhan Ducati juga terlihat dari posisi keempat dan kelima yang juga dikuasai oleh pabrikan asal Italia tersebut, yakni Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Enea Bastianini (Gresini Racing).
Ini merupakan catatan sejarah bagi Ducati selama keikut sertaannya di ajang balap motor paling bergengsi ini.

4. Dengan mengisi lima posisi terdepan, Ducati mampu menyamai rekor yang pernah dibuat oleh Honda di GP Pacific di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 2003 lalu.
Kala itu, pembalap Honda yang menguasai Motegi adalah Max Biaggi, Makoto Tamada, Valentino Rossi, Sete Gibernau, dan Nicky Hayden. Balapan ini pun juga akhirnya dimenangi Rossi.

5. Marc Marquez adalah raja di COTA, mengingat hanya dirinya yang mampu memenangi 7 dari 8 balapan terakhir MotoGP AS. Rekor ini pun akhirnya dihentikan oleh Francesco Bagnaia pada 2021.
Tahun lalu, Marquez berada di posisi ketiga dari hasil kualifikasi, sedangkan di 2022 ini ia harus menempati posisi ke-9. Ini adalah kualifikasi terburuknya setelah sebelumnya ada di posisi ke-11 pada MotoGP Malaysia pada 2019.

LEAVE A REPLY

*