4 Tips Hadapi Blind Spot Saat Berkendara Roda Dua

0
Yamaha DDS3
Tips Siasati Blind Spot Dalam Berkendara Roda Dua. Foto: Yamaha DDS3

NaikMotor – Spion menjadi salah satu hal utama berkendara di jalan. Kehadiran spion bisa mengurangi blind spot (titik buta) jika digunakan dengan baik dan benar.

Penggunaan spion pada kendaraan tentu bisa menjadi penentu keselamatan kita dan orang lain di jalan. Untuk itu, penggunaan spion tidak boleh asal.

Fery Risdiyanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, juga menuturkan hal serupa. Dengan meminimalisir blind spot, artinya kita sudah meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya.

“Dalam berkendara roda dua, penggunaan spion sepeda motor merupakan hal yang sangat vital dalam safety riding, karena dengan adanya spion, blind spot bisa dikurangi,” kata Fery.

Maka dari itu, Fery memberi 4 tips dari YRA untuk mengurangi blind spot saat berkendara roda dua.  (Galih/Prob/NM)

Berikut Tips Hadapi Blind Spot:

1. Sesuaikan arah spion motor Anda sebelum memulai perjalanan, pastikan arah spion pas meliputi arah belakang sepeda motor Anda agar dapat mengetahui kondisi di area belakang.

2. Hindari modifikasi spion yang tidak sesuai standar keselamatan, seperti mengganti dengan spion berukuran kecil, tentu saja akan memperlebar blind spot Anda sehingga lebih sulit mengetahui kondisi di belakang.

3. Nyalakan lampu utama dan gunakan pakaian yang berwarna cerah, atau yang bisa memantulkan cahaya. Hal ini berguna agar Anda dan kendaraan lebih mudah terlihat oleh pengendara/pengguna jalan lainnya.

4. Posisikan motor Anda di tempat yang mudah terlihat oleh pengendara lain yang berada di depan. Hal ini bisa dicek apabila Anda bisa melihat wajah pengendara lain melalui spionnya, berarti posisi Anda masih bisa dilihat olehnya melalui kaca spion.

LEAVE A REPLY