Ingin Bepergian Jauh dengan Sepeda Motor? Cek Hal ini Terlebih Dahulu

0
Servis CVT Shop & Bike
Honda Vario 125 sedang melakukan servis CVT di Shop & Bike Villa Tangerang Regency. Foto: Galih

NaikMotor – Libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tinggal sebentar lagi. Biasanya, libur hari besar ini dimanfaatkan banyak orang untuk bepergian jauh, tak terkecuali dengan yang bepergian menggunakan sepeda motor.

Bepergian jauh ini tidak hanya selalu soal pergi liburan, tetapi juga untuk pulang ke kampung halaman (mudik). Bertemu sanak saudara jauh juga menjadi salah satu tujuan utama dari bepergian jauh saat libur Lebaran.

Untuk bepergian jauh tentu harus menyiapkan banyak hal agar segala keperluannya terpenuhi dan mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu dicek sebelum bepergian jauh dengan sepeda motor.

Menurut Deki, mekanik Shop & Bike Villa Tangerang Regency, terdapat 6 hal yang perlu dicek sebelum memulai perjalanan. Kelima hal ini menyangkut soal sepeda motor dan pengendara itu sendiri.

Ganti oli gardan

Berikut 6 hal yang perlu dicek sebelum bepergian jauh dengan sepeda motor.

1. Cairan
Cairan yang dimaksud adalah oli dan coolant (air radiator). Oli memegang peranan penting dalam mesin sepeda motor. Cek kondisi oli, apakah sudah melebihi 2.000 km dari pergantian oli terakhir. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika langsung diganti baru karena Anda akan bepergian jauh sehingga butuh kondisi oli yang prima.

Selain oli mesin, oli gardan juga jangan sampai kelupaan. Oli gardan juga sama pentingnya jika motor Anda adalah motor berjenis matic.

Cek juga coolantnya apakah masih banyak atau tinggal sedikit. “Kalau motor radiator, usahakan cek coolantnya. Sebab kalau habis airnya, motor bisa overheat,” kata Deki.

2. Pengereman

Rem juga menjadi peranti yang sangat vital di sebuah kendaraan. Periksalah bagian kampas rem depan dan belakang sepeda motor, apakah masih tebal atau sudah tipis. Sebaiknya langsung ganti jika sudah tipis. Tak lupa juga cek master rem, masih normal atau ada kebocoran pada sealnya.

Kampas rem sepeda motor

3. Kelistrikan

Untuk sepeda motor keluaran saat ini memang sudah berbasis teknologi LED. Jelas hal ini menjadi keuntungan karena lebih awet dan lebih terang. Tetapi, bagaimana dengan yang masih mengusung lampu halogen?

Segera periksa lampu sepeda motor, baik itu lampu depan, belakang, hingga lampu sein. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Segera ganti dengan bohlam yang baru jika lampu Anda sudah mulai redup.

4. Kapasitas Barang

Sepeda motor memang didesain untuk tidak membawa banyak barang. Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor. Meski begitu, pergi jauh atau mudik memang kurang afdol jika tak membawa banyak barang.

Untuk menyiasatinya, pastikan bawaan barang Anda cukup. Jangan sampai muatan Anda berlebihan dan melebihi kepastian sepeda motor itu sendiri. Usahakan juga jangan memakai boks atas atau boks samping yang berukuran terlalu besar agar tak mengganggu pengendara lainnya.

5. Surat-surat berkendara

Surat-surat memang menjadi hal wajib saat kita berkendara di jalan. Pastikan masa aktif SIM, STNK, dan pajak kendaraan Anda masih berlaku.

6. Kesehatan pengendara

Setelah kondisi sepeda motor sudah aman, kini tinggal cek kondisi Anda sendiri. Jangan bepergian jauh jika kesehatan Anda tidak fit. Tak hanya soal kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental pengendara juga harus baik.

“Dari sisi pengendara ya pastinya kesehatan fisik dan mental. Kalau mentalnya terganggu pasti emosional bawa motornya, jadi cepat emosi,” ujar Deki.

“Istirahat yang cukup, jangan memaksakan jika lelah atau ngantuk. Yang penting selamat meski lambat karena tujuan utama ya selamat sampai tujuan dan kembali ke rumah tanpa kekurangan apapun.” tuturnya. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here