Perhatikan Barang yang Disimpan di Bagasi Motor, Tidak Boleh Asal!

0
114
Bagasi Honda ADV 150
Honda ADV 150 memiliki bagasi yang cukup luas. Foto: AHM

NaikMotor – Kehadiran sepeda motor saat ini telah dibekali dengan bagasi yang cukup besar, apalagi skuter matik. Meski begitu, menyimpan barang di bagasi tidak boleh asal karena justru bisa menjadi fatal.

Biasanya, barang yang kita anggap biasa saja atau sepele, ternyata bisa berdampak buruk bahkan bisa mengancam keselamatan sang pengendara. Maka dari itu, pintar-pintarlah menyimpan barang pada bagasi motor.

Untuk mengetahuinya, Wahana Honda memberikan 5 jenis barang yang tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi motor secara asal. Keenam barang ini rupanya merupakan barang yang sehari-hari yang kita pakai, namun sebaiknya dihindari disimpan di bawah jok. (Galih/Prob/NM)

Berikut adalah barang yang tidak direkomendasikan untuk disimpan di dalam bagasi sepeda motor.

1. Sayur Mayur & Buah-buahan
Banyak perempuan ditemui jika pulang dari berbelanja, maka barang belanjaannya disimpan di dalam jok. Padahal, jika motor dalam kondisi hidup, suhunya bisa mencapai 36 derajat atau hingga lebih. Panas motor itu bisa mengurai sayur-sayuran, buah-buahan, coklat, yogurt, ice cream, dan lain sebagainya sehingga menurunkan kualitas bahan makanan.

2. Peralatan Make Up
Ini juga pesan untuk kaum perempuan. Apapun peralatan make up yang Anda miliki, baik itu eye shadow, compact powder, sunscreen, dan lain-lain. Jangan biasakan disimpan dalam jok motor.
Panas motor bisa membuat make up meleleh, dan bisa luber ke dalam mesin dan menyebabkan kerak (jika make up tidak ditempatkan dalam pouch). Tak hanya itu, kandungan kimia dalam make up bisa merusak motor jika tidak sengaja masuk ke dalam mesin.

3. Parfum dalam botol
Parfum juga menjadi benda berbahaya bila dimasukkan ke dalam jok motor. Parfum adalah barang yang mudah menguap, dan cepat memicu bensin yang ada di tangki bahan bakar untuk memercikkan api.

4. Jas Hujan Basah
Jas hujan yang masih basah sebaiknya jangan terlalu lama disimpan di dalam jok sepeda motor, terutama bagi yang berbahan dasar polyster dan gore tech. Sebab, hal itu akan membuat kualitas jas hujan menjadi buruk.

5. Barang Elektronik
Jelas hal ini harus menjadi perhatian utama bagi seluruh pengendara. Apapun jenis barang elektroniknya, baik smartphone, powerbank, atau laptop, sangat tidak dianjurkan dimasukkan ke dalam jok motor.
Pasalnya, suhu panas di dalam jok dikhawatirkan bisa memicu ledakan. Hal ini terjadi karena jok motor letaknya berdekatan dengan mesin dan bisa menghasilkan suhu panas dan berpotensi menimbulkan ledakan yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

*