TVS Motor Investasi Rp1,8 Triliun Untuk Bangkitkan Norton Inggris

0
Norton Terancam Bangkrut
Norton Motorcycles tengah mengalami masalah finansial pelik. Foto: blogo

NaikMotor – TVS Motor Company, pabrikan sepeda motor asal India, memberikan dana investasi sebesar 100 juta poundsterling (Rp1,8 triliun) untuk membangkitkan Norton Motorcycles, perusahaan roda dua asal Inggris. Sebelumnya, TVS sudah lebih dulu mengakuisisi Norton pada 2020.

Pengumuman investasi ini disampaikan langsung oleh Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris, dalam kunjungannya ke India pada 22 dan 23 April 2022 kemarin.

“TVS Motor Company dengan senang hati mengumumkan investasi sekitar 100 juta poundsterling di Norton Motorcycle, merek ikonik Inggris yang kami peroleh pada 2020,” kata Sudarshan Venu, direktur pelaksana TVS Motor.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas rencana bahwa akan ada kesepakatan hingga 1 miliar euro ke depannya. Dana sebesar ini akan sangat berguna, salah satunya adalah dalam pembangunan fasilitas manufaktur baru Norton di Solihull, Inggris.

Pembangunan fasilitas ini merupakan langkah awal untuk membawa nama Norton kembali ke kancah internasional. Selama tiga tahun ke depan, TVS Motor juga memperkirakan bahwa pihaknya akan membuka ratusan lapangan kerja, baik di Inggris maupun di seluruh rantai pasokan.

“Beberapa dari investasi ini telah dilakukan dengan mengarah pada penciptaan fasilitas kelas dunia dan peluncuran V4 SV dan 961 Commando yang direkayasa ulang dalam waktu dekat. Sebuah tim kelas dunia yang dipimpin oleh Robert Hentschel sedang bekerja untuk membawa Norton kembali ke tempat yang seharusnya,” ujar Venu.

“Investasi ini akan berguna untuk keberlangsungan masa depan mobilitas. Ini diharapkan dapat menciptakan 250-300 pekerjaan langsung dalam 3 tahun ke depan dan 500-800 pekerjaan tidak langsung lainnya di seluruh rantai pasokan,” tuturnya. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*