Menparekraf Resmikan Motor Listrik untuk Wisata Keliling Borobudur

0
39
Grab Indonesia motor listrik Borobudur
Grab Indonesia beri layanan motor listrik di lingkungan Borobudur, Magelang. Foto: Kemenparekraf

NaikMotor – Grab Indonesia memberikan layanan kendaraan motor listrik untuk para wisatawan di lingkungan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Layanan ini diresmikan langsung oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Selasa (17/5/2022).

Layanan ini merupakan hasil kerja sama Grab Indonesia dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur. Selain Grab Tour, keduanya juga berupaya meningkatkan produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Grab Mart dan Grab Food.

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif RI.

“Hari ini bertambah lagi satu kolaborasi untuk kebangkitan ekonomi dan pariwisata di destinasi super prioritas Borobudur. Saya ucapkan terima kasih untuk Grab Indonesia yang menghadirkan motor ramah lingkungan. Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga yang terjangkau bagi para wisatawan yang akan mengurangi jejak karbon,” kata Sandiaga.

Sementara itu, program pariwisata berkelanjutan tak hanya melihat isu lingkungan dan kesejahteraan lingkungan, tetapi juga harus mengangkat budaya lokal, masyarakat, dan pengetahuan tradisional.

Untuk mewujudkannya, perlu adanya pendekatan multi-stakeholder, baik sektor pariwisata, publik, maupun swasta perlu terlibat dan berkolaborasi satu sama lain serta dengan masyarakat lokal.

Grab motor listrik borobudur

“Kami memiliki satu komitmen untuk pariwisata berkelanjutan dan ternyata justru pariwisata yang berkelanjutan ini yang membuka peluang usaha bagi para merchant UMKM dan juga lapangan kerja. Tadi kita sudah melihat UMKM yang ikut terbina dan setelah ini akan ada pelatihan-pelatihan,” ujar Sandiaga.

Layanan kendaraan listrik sebanyak 50 unit ini akan mulai beroperasi dalam waktu dekat di Borobudur. Otomatis, para wisatawan sudah mulai bisa menikmati layanan ini di masa liburan mendatang.

Grab motor listrik borobudur

Di sisi lain, Ridzki Kramadibrata selaku Presiden Grab Indonesia, menyebut bahwa layanan ini merupakan komitmen dari pihaknya dalam mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

“Kami lihat potensi yang luar biasa dan animo masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga sangat tinggi. Sehingga kami memang sudah memperkenalkan kendaraan listrik ini sejak tahun 2019 dan kami luncurkan di daerah-daerah pariwisata lokasi terutama di Borobudur ini atas arahan apa Menparekraf juga untuk sekaligus memberdayakan desa wisata,” ucap Ridzki. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*