Tips Menikmati Touring dengan Aman dan Nyaman Selama di Perjalanan

0
14
Touring Yamaha XSR155
Touring Yamaha XSR155. Foto: YIMM

NaikMotor – Saat ini, touring bukan lagi hanya sebatas aktivitas perjalanan jauh, tetapi sudah menjadi bagian dari hobi bagi pecinta roda dua. Namun, harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa menikmati touring dengan aman dan nyaman.

Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan sejumlah tips dalam menikmati touring. Mulai dari persiapan pengendara dan motornya, hingga saat di perjalanan.

Tips ini bisa menjadi acuan agar perjalanan touring menjadi lebih aman dan nyaman, sehingga tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan selama di perjalanan. (Galih/Prob/NM)

Berikut tips dari YRA tentang menikmati touring dengan aman dan nyaman.

1.Persiapan Touring

– Lakukan pengecekan komponen motor terkait ban, oli, lampu, kelistrikan dan lainnya. Juga disarankan service motor terlebih dahulu di bengkel resmi sehingga motor dalam kondisi bagus untuk perjalanan touring.
– Jaga fisik agar tetap prima, jangan begadang sebelum touring. Lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.
– Siapkan safety riding yang lengkap seperti helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan lainnya untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara.
– Tentukan titik kumpul, kenali rute perjalanan yang aman dan biasa dilewati oleh pengendara lainnya, ketahui informasi mengenai kondisi terakhir jalan.
– Membawa surat-surat kelengkapan berkendara, uang dan alat komunikasi.

2. Saat di perjalanan

Jaga jarak aman, jangan saling mendahului dengan teman yang bersama dalam perjalanan touring, hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.
Selain itu lakukan akselerasi atau pengereman secara halus, jaga konsentrasi dan kontrol emosi. Upayakan istirahat jika sudah berkendara 2 sampai 3 jam.

LEAVE A REPLY

*