Simak Tips Perawatan CVT Motor, Jangan Sampai Diabaikan

0
53
Area CVT motor
Honda Vario 125 sedang dilakukan pembongkaran area CVT. Foto: Galih

NaikMotor – Saat ini, motor matic telah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia karena kepraktisan dan kenyamanannya. Tetapi di balik kemudahan itu, konsumen juga wajib memperhatikan dan melakukan perawatan, khususnya di area Continous Variable Transmission (CVT).

CVT menjadi bagian paling vital di skuter matik. Pasalnya, perangkat ini berfungsi sebagai alat penggeraknya. Berkaitan dengan hal itu, Rafi selaku mekanik Shop & Bike Karawaci, memberi tips untuk merawat CVT motor agar kualitas berkendara tetap terjaga.

Menurutnya, CVT motor harus diservis secara berkala. Servis CVT ini meliputi perawatan di beberapa bagian, yaitu van belt (v-belt), roller, rumah roller, dan kampas ganda.

Servis CVT

“Servis secara berkala itu sekitar 9000 km atau per 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Perawatannya itu dari pembersihan v-belt, roller, rumah roller, dan kampas ganda,” kata Rafi.

“Untuk pengecekannya itu dari roller, v-belt, dan ketebalan kampas ganda. Untuk permasalahannya biasanya itu kotor di kampas ganda. Kalau misalnya berdebu, orang merasakan gredeg pada motornya, khususnya saat berakselerasi.”

Servis CVT

Jika CVT jarang mendapat perhatian, maka dampaknya pun tidak main-main. “Efeknya bisa merusak komponen lain. Kalau kampas gandanya kotor, otomatis gredeg, rasanya seperti motor habis bensin. V-belt seperti ketarik-tarik jadi melar, kalau roller bisa jadi gepeng,” ujar Rafi.

Di sisi lain, Aspira menyediakan v-belt dan roller berkualitas dengan 3 keunggulan, yakni responsif, bertenaga, dan tahan lama. Parts ini bisa didapatkan di Shop & Bike terdekat.

Menariknya, parts tersebut tersedia dalam paket penjualan, yakni v-belt dan roller, atau bisa dibeli untuk v-beltnya saja. Semuanya mendapat potongan harga 20 persen, di mana harga termurah bisa didapatkan di angka Rp64 ribuan untuk paket v-belt + roller, sedangkan v-beltnya saja bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp56 ribuan.

Jika tak sempat ke bengkel, konsumen bisa membelinya secara online lewat www.astraotoshop.com dan free ongkos kirim (ongkir) untuk semua kurir. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*