MotoGP 2022 Finlandia Batal, ini Penyebabnya

0
MotoGP 2022 Finlandia Batal
Tes MotoGP 2022 di Kymi Ring, Finlandia. Foto: dorna motogp

NaikMotor – FIM, IRTA dan Dorna Sports telah mengumumkan MotoGP 2022 Finlandia batal. MotoGP perdana di Kymi Ring diundur hingga 2023.

Dalam kalender musim 2022, Kymi Ring akan menggelar perhelatan perdana pada 10 Juli 2022. Namun,pada (25/5/2022) para penyelengara MotoGP menyatakan MotoGP 2022 Finlandia batal, dalam pengumumannya disebutkan tentang homologasi dan situasi geo-politik di Finlandia menjadi alasan pembatalan.

MotoGP 2022 Finlandia Batal

Berikut pernyataan resmi FIM, IRTA dan Dirna Sports, ” Sehubungan dengan Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih mewajibkan pembatalan Grand Prix Finlandia pada tahun 2022. Keadaan saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko.”

Lebih lanjut penyelenggara MotoGP itu menjelaskan, “Karena itu semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, saat MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade.”

Dengan tiadanya seri Finlandia, penyelenggaraan MotoGP musim akan berlangsung menjadi 20 seri. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai sirkuit pengganti Kymi Ring

Soal situasi geopolitik, seperti diketahui Finlandia yang berbatasan langsung dengan Rusia sepanjang 1.300 km tengah mengajukan diri untuk bergabung dengan NATO. Rencana itu telah membuat hubungan Finlandia-Rusia memanas. Media Eropa mengkhawatirkan konflik serupa bakal terjadi seperti Rusia-Ukraina yang dipicu rencana Ukraina bergabung dengan NATO. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*