Mau Ikut Balapan FIM MiniGP Indonesia Series 2022? Ini Syaratnya

0
FIM MiniGP Indonesia Series
FIM MiniGP Indonesia Series 2022 akan berlangsung 6 seri. Foto: Dok.STI

NaikMotor – Pihak Sport Talenta Indonesia (STI) sebagai penyelenggara gelaran FIM MiniGP Indonesia Series 2022 bikinan Dorna telah merilis jadwalnya. Balapan penjenjangan untuk anak-anak usia 10-14 tahun ini akan memilih juara yang akan dikirim ke Valencia di akhir musim.

FIM MiniGP Indonesia Series 2022  akan diadakan sebanyak sebanyak 6 putaran yang akan dimulai pada 16-17 Juli 2022, 13 – 14 Agustus 2022, 24 – 25 September 2022  di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor. Alasan kemudahan akses logistik menjadi salah satu pilihan mengapa event ini hanya diselenggarakan di Sentul, seperti diungkapkan Djoko Iman Santoso dari BOS (Bekarya Otomotif Sukses) sebagai organizing committee dan partner STI.

FIM MiniGP ini dirancang sebagai langkah pertama dalam Road to MotoGP, dengan tujuan untuk menciptakan platform bagi pembalap muda yang ingin memulai karier balapnya. Lewat MiniGP, nantinya bisa memperoleh status Road to MotoGP yang bisa bersifat nasional atau mewakili wilayah geografis lebih luas di tingkat regional atau benua. Balapannya pun harus berlangsung di sirkuit karting yang memenuhi standar yang ditetapkan FIM atau federasi nasional terkait.

“FIM MiniGP World Series adalah langkah pertama bagi semua anak muda di jalan mereka untuk mencapai impian mereka dan mencapai Kejuaraan Dunia MotoGP FIM! Ini adalah titik awal yang hilang di ‘Road to MotoGP ‘yang akan memungkinkan setiap pembalap berbakat untuk naik ke podium dengan anggaran yang sangat rendah,” ungkap Jorge Viegas selaku Presiden FIM.

Dengan pembalap berusia 10 – 14 tahun, kompetisi akan berlangsung dengan mesin yang setara dengan Ohvale GP-0 160. Pemasok ban tunggal resmi untuk semua acara adalah Pirelli dan alokasi ban standar diberikan per acara. FIM MiniGP Series akan diselenggarakan juga di Prancis, Irlandia, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Utara, Portugal, Spanyol, Inggris, Australia, Austria, India, dan Qatar.

Bagaimana caranya ikut FIM MiniGP Indonesia Series 2022? Menurut Harlan Fadhilah dari STI, peserta harus berusia antara 10-14 tahun dan terdaftar sebagai siswa sekolah balap. “ Kenapa harus berada di bawah naungan racing school yang ada di Indonesia, karena mereka yang akan memberikan rekomendasi kepada kami profil pembalapnya. Nanti kita akan mengambil 15 peserta tercepat untuk mengisi grid. Semua informasi berkaitan dengan pendaftaran ada di www.sporttalenta.com, “ beber Harlan. (Arif/nm)

 

LEAVE A REPLY

*