Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir

0
8
Merawat Sepeda Motor
Perawatan sepeda motor paska banjir.rob Semarang. Foto: istimewa

NaikMotor – Sepeda motor yang terendam banjir masih bisa diperbaiki sendiri jika tidak parah. Begini merawat sepeda motor setelah terendam banjir.

Kota Semarang dan wilayah Pantura belum lama ini dilanda banjir karena laut mengalami pasang naik atau rob. Banyak kendaraan seperti sepeda motor yang terendam karena belum sempat dievakuasi di daerah Pelabuhan Tanjung Mas yang terdampak parah.

Meskipun bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi kerugian materialnya besar karena ratusan sepeda motor terendam banjir rob tersebut.

Tri Cahyo Pramono, Koordinator Service Yamaha DDS 3 Semarang pun menyatakan, “Kami turut prihatin kepada semua masyarakat yang terdampak banjir rob. Dan sebagai salah satu kepedulian dari kami, Yamaha DDS 3 Semarang memberikan service gratis dan penggantian oli gratis kepada konsumen Yamaha.” Tak lupa pihaknya pun memberikan tips perawatan paska banjir. (Rls/NM)

Langkah Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir

Penting!
Tidak Menghidupkan Mesin, jangan langsung menghidupkan mesin, pastikan sudah tidak ada air di dalam mesin. Hal terburuk yang terjadi adalah water hammer yang dapat merusak mesin.

1. Bersihkan Motor, Cuci sepeda motor dengan air bersih dengan sabun. Hal ini untuk mengindari korosi atau karat akibat air laut yang bersifat korosif.

2. Cek Kelistrikan Motor/Jalur Kabel. Jangan langsung menghidupkan main switch atau kunci kontak. Pastikan jalur kabel atau rumah sekring kering dan bersih dari kotoran atau karat.

3. Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan. Penggantian oli mesin dan oli gardan dilakukan setelah terkontaminasi dengan air, jika perlu lakukan over houle mesin untuk membersihkan bagian dalam mesin.

4. Periksa Saringan Udara, cek filter udara, dan jika memang terendam ganti filter udara dengan yang baru.

5. Periksa Busi dan Tutup Busi, ganti busi dan pastikan cob busi sudah kering sehingga mencegah kebocoran pengapian.

LEAVE A REPLY

*