FORWOT Didukung Wuling Gelar Coaching Clinic: Content Creator

0
FORWOT x Wuling Motors
Social Media Workshop oleh FORWOT x Wuling Motors. Foto: Wuling

NaikMotor – Wuling Motors bekerja sama dengan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) telah menggelar coaching clinic di kawasan Kemang, Jakarta, Jumat (27/5/2022). Pelatihan ini untuk mengasah keterampilan jurnalis otomotif.

Dalam workshop bertemakan Short Video: IG Reels & TikTok ini, para jurnalis mendapat pelatihan langsung dari Agusleo Halim, seorang content creator dan praktisi media sosial.

Sesuai tema acara ini, rekan jurnalis mendapat training seputar konsep dan pembuatan konten video pendek pada platform Instagram Reels dan TikTok. Wuling pun menyediakan 2 unitnya berupa 1 Wuling Almaz RS dan 1 New Cortez.

Aguleo Halim
Aguleo Halim, seorang content creator dan praktisi media sosial. Foto: Galih

Menurut Agusleo, IG Reels dan TikTok memang tengah digandrungi oleh para milenial saat ini. Maka dari itu, ada begitu banyak konten yang berasal dari kedua platform tersebut, mulai dari konten yang sekadar hiburan hingga yang dibuat khusus untuk edukasi.

Bagi Agusleo, konten yang dibuat tidak boleh asal, melainkan ada 3 hal penting dalam membuat sebuah konten yang menarik, khususnya bagi pemula, yakni hook (1 second rule), max 30 second duration (retention rate), dan storytelling.

Ketiga hal ini dikemas dalam sebuah konten video pendek agar menarik ditonton viewers. Satu hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah easy to consume, yaitu konten yang mudah dicerna, atau tidak terlalu berat topiknya.

Wuling Almaz RS dan Wuling New Cortez
Rekan jurnalis sedang merekam Wuling Almaz RS dan Wuling New Cortez.

Di akhir acara, para jurnalis diminta untuk langsung berpraktik dengan membuat video pendek dari unit Wuling tersebut. Video yang dibuat tentu harus kreatif dan informatif. Video terbaik akan mendapat hadiah jutaan rupiah dari FORWOT x Wuling Motors.

Sementara itu, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para jurnalis untuk menghadapi era digital saat ini. Dengan begitu, rekan media bisa semakin memperluas wawasan dan keterampilannya dalam berkarya.

“Coaching clinic ini diharapkan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan jurnalis otomotif dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan konten media sosial khususnya short video pada platform Instagram dan TikTok yang saat ini marak dimanfaatkan dalam dunia digital,” kata Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Indra Prabowo selaku Ketua Umum FORWOT. “Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi inisiatif Wuling untuk bersama-sama maju di era teknologi informasi dan digitalisasi saat ini melalui pembekalan rekan-rekan wartawan otomotif dengan skill dan pengetahuan ter-update untuk semakin berkontribusi bagi jagat otomotif Tanah Air,” ujarnya.

“Kami berharap, kegiatan seperti ini semakin banyak dilakukan agar dunia otomotif di ranah digital semakin maju, informatif, dan atraktif bagi masyarakat Indonesia.” (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*