6 Tips Berkendara Motor Saat Musim Penghujan

0
22
Perlengkapan Berkendara Musim Hujan
Ada beberapa piranti wajib untuk kelengkapan berkendara di tengah musim penghujan menurut Wahana Honda. Foto: Istimewa

NaikMotor – Saat ini, Indonesia tengah dilanda musim penghujan. Untuk menghadapinya, ada sejumlah tips bagi pengendara motor agar bisa aman dan nyaman dalam berkendara di musim penghujan.

IRC, produk ban dari PT Gajah Tunggal Tbk, memberi sejumlah tips berkendara di musim penghujan. Salah satunya adalah dengan menggunakan safety gear, seperti jas hujan dan sepatu boots. (Galih/Prob/NM)

Berikut 6 tips berkendara motor di musim penghujan dari IRC.

1. Jas Hujan

Jas hujan dengan jenis single adalah jas hujan paling direkomendasikan karena berupa setelan satu atasan dan satu celana. Dengan begitu, jas hujan ini tidak akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
Gunakanlah jas hujan yang memiliki bahan tidak mudah tembus air dan yang mempunyai scothlite reflektif agar bisa memantulkan cahaya ketika berkendara hujan di malam hari.

2. Atur Kecepatan

Sudah layak dan sepantasnya bahwa kita harus mengurangi kecepatan saat berkendara di bawah guyuran hujan. Sebab, jalanan menjadi sangat licin dan ban juga sangat berpotensi untuk tergelincir.

3. Hindari Genangan Air

Sebisa mungkin, hindarilah jalan yang terdapat genangan air. Pasalnya, genangan ini dapat menutupi kedalaman lubang di jalan. Jelas hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan pengendara terjatuh.

4. Gunakan Sepatu Boots

Sepatu boots dapat melindungi kaki, termasuk dengan membuat kaki pengendara lebih aman dari cipratan air. Air hujan inilah yang bisa membuat kaki kedinginan sehingga kualitas berkendara menjadi kurang nyaman.

5. Nyalakan lampu depan

Hujan memang membuat pandangan menjadi terbatas. Untuk itu, lampu depan wajib dinyalakan agar pengendara dari lawan arah bisa mengetahui posisi Anda. Lalu, lampu rem jangan sampai mati agar pengendara di belakang Anda dapat mengetahui jika Anda sedang memperlambat laju kendaraan.

6. Berteduh

Tips terakhir paling ampuh adalah dengan berteduh. Jika curah hujan semakin lebat, ada baiknya untuk segera mencari tempat berteduh. Apalagi, jika Anda membawa barang-barang elektronik, seperti laptop atau kamera. Tentu hal ini tak hanya bisa membuat barang bawaan aman dari kebasahan, tetapi juga menyelamatkan sang pengendara dari potensi terjatuh.

LEAVE A REPLY

*