Ingin Beli Motor Bekas? Perhatikan Hal Ini agar Tak Kecewa

0
Karya Motor
Sejumlah motor bekas yang dijual Karya Motor di kawasan Panongan, Tangerang. Foto: Galih

NaikMotor – Mencari dan beli motor second (bekas) berkualitas memang sulit-sulit gampang. Konsumen wajib memperhatikan sejumlah hal agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bicara soal motor bekas, Karya Motor adalah ahlinya. Showroom motor bekas ini sudah bertahun-tahun menjual dan beli motor bekas berkualitas di area Tangerang.

Untuk itu, Karya Motor memberikan beberapa tips dalam membeli sepeda motor bekas, mulai dari unitnya hingga kelengkapan surat-surat.

Berikut tips dalam membeli motor bekas agar tak kecewa.

1. Cek Mesin

Mesin menjadi hal paling utama dalam mencari motor bekas. Konsumen bisa menghidupkan mesin motor dan membiarkan menyala tanpa digas. Dengarkan suara mesinnya, apakah halus atau sudah kasar. Dan apakah keluar asap putih dari knalpotnya.

Cocokkan pula suara mesin tersebut dengan kilometer (KM) di odometer. Jika suara motor kasar tetapi KM masih rendah, konsumen wajib curiga. Hal ini bisa terjadi dari beberapa faktor, entah pemilik motor sebelumnya jarang melakukan service atau showroomnya yang nakal dengan mengurangi odometernya. Segera cek kapan terakhir kali motor ini diservice.

2. Cek Kaki-kaki

Kaki-kaki juga tak kalah penting dengan mesin. Pasalnya, motor takkan berjalan tanpa roda. Perhatikan peleknya, apakah ada yang peyang, atau retak. Jika pelek sudah tidak bulat sempurna, maka sensasi berkendara menjadi tidak nyaman. Cek juga kondisi ban, apakah sudah botak atau masih tebal.

3. Cek Kelengkapan Surat

Terakhir, cek kelengkapan surat-surat motor, seperti STNK, BKPB, dan faktur. Cek juga apakah nomor mesin dan nomor rangka yang tertera di STNK dan BPKB sudah sama seperti apa yang terdapat di motor.

Jika ke-3 hal tersebut sudah beres dan aman, maka yang terakhir adalah periksa bodi motor. Cek apakah keseluruhan bodi masih mulus atau sudah ada baret. Namun, menurut Aris selaku PIC Karya Motor, kemulusan motor tidak selalu jadi hal utama dalam mencari motor bekas, sebab motor ini bukanlah motor baru.

“Kalau masalah bodi itu namanya juga pemakaian wajar, jadi tidak masalah, yang penting jangan terlalu parah atau banyak baret. Kalau lecet-lecet sedikit itu wajar. Yang penting itu cek mesin dan kaki, kalau bodi nomor sekian,” kata Aris.

Sementara itu, Karya Motor sendiri menjamin kesehatan dan kelengkapan motor bekas yang dijualnya. Pihaknya juga memberikan garansi mesin 1 bulan bagi konsumen yang membeli secara cash/tunai, dan garansi mesin 6-8 bulan bagi yang membeli secara kredit.

“Kelengkapan surat-surat kami lengkap. Jika ada unit yang pajaknya mati, kami hidupkan pajaknya. Soal STNK, BPKB, dan faktur itu kami lengkap semua. Jika suatu saat nasabah mau perpanjang, bisa kami bantu. Kami juga bisa bantu untuk balik nama,” ujar Aris. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*