Astra Otoparts Raih 2 Penghargaan The 13th IICD Corporate Governance Award 2022

0
Astra Otoparts Raih Penghargaan
Astra Otoparts meraih 2 penghargaan di ajang The 13th IICD Corporaye Governance Award 2022. Foto: istimewa

NaikMotor – PT Astra Otoparts Tbk meraih penghargaan The 13th​ IICD (Indonesian Institute for Corporate Directorship) Corporate Governance Award 2022. Astra Otoparts raih 2 penghargaan pada ajang itu, Jumat (27/05/2022).

Sejalan dengan misinya yaitu untuk menjadi warga usaha yang bertanggung jawab dan memberikan kontribusi positif kepada para pemangku kepentingan, PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts atau AUTO) senantiasa menerapkan​ praktik Tata Kelola yang baik dalam menjalankan operasional bisnisnya. Pada ajang The 13th​ IICD Corporate Governance Award 2022 Astra Otoparts raih penghargaan untuk kategori Best Role of Stakeholders dan Top 50 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Menengah (Mid Capitalization Public Listed Companies).

Astra Otoparts Raih Penghargaan

Corporate Secretary, Legal & Communication Division Head Astra Otoparts Alberto Siahaan mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan sebagai motivasi bagi Astra Otoparts untuk terus mengedepankan penerapan praktik Tata Kelola yang baik. “Kami berkomitmen untuk terus menerapkan praktik Tata Kelola perusahaan yang baik di seluruh proses operasional bisnis yang kami lakukan untuk mendorong kinerja yang berkelanjutan,” ujarnya.

​Kategori penghargaan yang diterima oleh Astra Otoparts tersebut menegaskan bahwa perusahaan telah memiliki tanggung jawab tinggi dengan memberikan manfaat kepada sekitar serta pemangku kepentingan lainnya. Berlandaskan komitmen Astra Otoparts untuk menerapkan praktik Tata Kelola yang baik dengan berpegang pada 5 prinsip Tata Kelola yaitu Transparency (Keterbukaan), Accountability (Akuntabilitas), Responsibility (Pertanggungjawaban), Independency (In dependensi), dan Fairness (Kewajaran), praktik Tata Kelola dilaksanakan secara menyeluruh oleh insan Astra Otoparts guna menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

​Penghargaan yang diterima sudah melalui berbagai kriteria penilaian yang dilakukan oleh IICD yang didasarkan pada kinerja dan laporan keuangan perusahaan untuk tahun buku 2021 serta didukung oleh 10 assesor dengan menggunakan ASEAN CG Scorecard sebagai instrumen penilaian yang meliputi hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi, serta tanggung jawab dewan komisaris.

​The 13th​ IICD Corporate Governance Award 2022 ditujukan bagi perusahaan-perusahaan publik yang dinilai terbaik dalam komitmennya menjalankan Tata Kelola Perusahaan atau​ Good Corporate Governance​ (GCG). Penghargaan ini secara khusus memberikan apresiasi terhadap 200 perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar terbaik di Indonesia melalui sejumlah kategori di antaranya Best CG Overall, Best Financial Sector, Best Non-Financial Sector, Best SOE/BUMN, Best Right of Shareholders, Best Equitable Treatment of Shareholders, Best Role of Stakeholders, Best Disclosure & Transparency, Best Responsibility of the Boards dan kategori Most Improved.

​Prof. Dr. H. Boediono, B.Sc, M.Ec selaku Wakil Presiden RI periode 2009-2014 memberikan keynote speech pada penghargaan bergengsi ini. Selain itu hadir pula Sigit Pramono selaku Ketua Umum IICD & IIPG (Indonesian Institute for Public Governance) dan James Simanjuntak, Ph. D selaku Dewan Pembina IICD dan CG Expert.

​“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas penghargaan yang kembali kami terima di tahun ini, semoga dengan diraihnya penghargaan ini dapat menjadi penyemangat kami untuk tetap melakukan inovasi terhadap produk dan layanan kami, juga tetap konsisten menjalankan praktik Tata Kelola yang baik,” tutup Direktur Astra Otoparts Wanny Wijaya.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here