Jorge Martin Pecahkan Rekor Kecepatan MotoGP, Tembus 363,3 Km/Jam

0
Jorge Martin
Jorge Martin, pembalap Pramac Ducati, pecahkan rekor tertinggi MotoGP di angka 363,3 km/jam di Mugello. Foto: MotoGP

NaikMotor – Jorge Martin, pembalap Pramac Ducati, baru saja memecahkan rekor kecepatan tertinggi di sepanjang sejarah MotoGP, yakni di angka 363,3 km/jam. Rekor ini diraihnya pada gelaran MotoGP Mugello, Italia, Minggu (29/5/2022).

Momen bersejarah ini diciptakan pembalap asal Spanyol ini saat melewati lap kedua dalam balapan seri ke-8 MotoGP 2022 ini. Rekor MotoGP dari Jorge Martin ini juga tercipta berkat bantuan slipstream dari lawan yang ada di depannya.

Setidaknya, ada 2 hal yang membuat Martin mampu memecahkan rekor tersebut. Pertama, motor Ducati Desmosedici GP22 yang dikendarainya memang dikenal sebagai motor terkencang di MotoGP. Tak heran bila rekor kecepatan tertinggi kerap diraih oleh pembalap Ducati.

Lalu, Sirkuit Mugello juga memegang peranan penting, di mana lintasan ini juga memiliki lintasan lurus yang panjang, yaitu sepanjang 1.141 meter dari total panjang sirkuit 5,2 km. Jelas karakter ini sangat cocok dengan motor-motor yang punya power besar di trek lurus.

Jorge Martin
Jorge Martin bersama motor Ducati Desmosedici GP22.

Menurutnya, raihan apik ini tidak serta merta membuatnya begitu senang. Sebab, hal ini sangat berisiko baginya. Benar saja, setelah membukukan rekor tersebut, motor Ducatinya mengalami permasalahan di area girboks.

“Ini sangat berisiko. Anda berada sangat dekat dengan lawan di depan yang sedang menjulurkan kakinya. Rasanya sangat mendebarkan,” kata Martin.

“Di lap ke-6, saya memiliki masalah dengan girboks karena saya tidak bisa berpindah gigi dengan mudah. Terkadang, saya harus mengoperasikan tuas persneling empat atau lima kali untuk bisa mengganti gigi.”

Sayangnya, momen bersejarah ini tidak diikuti oleh hasil yang baik. Pasalnya, pembalap 24 tahun ini finis di luar 10 besar, yakni di peringkat ke-13. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*