FIM MiniGP Indonesia Series 2022, Ajang Pencarian Bibit Pembalap Muda

0
40
FIM MiniGP Indonesia Series 2022
FIM MiniGP Indonesia Series 2022. Foto: STI

NaikMotor – FIM MiniGP Indonesia Series 2022 akan segera digelar. FIM MiniGP adalah sebuah ajang untuk mencari bibit pembalap muda yang disiapkan menuju kelas MotoGP.

Ajang pencarian bakat ini diselenggarakan oleh Sport Talenta Indonesia (STI) pada Juli-September mendatang dengan menghadirkan 6 seri. Balap motor khusus bocah ini semuanya dilaksanakan di Sentul International Karting Circuit, Bogor.

Nantinya, peserta yang ikut harus berusia antara 10-14 tahun dan akan berkompetisi dengan menggunakan motor Ohvale GP-0 berkapasitas 160 cc. Hanya akan ada 15 bibit pembalap muda terbaik yang akan berkompetisi di FIM MiniGP Indonesia ini.

Dari semua pembalap muda tersebut, nanti 2 orang pemenang akan diperlombakan di Final Round di Valencia. Kedua pembalap tersebut akan beradu kecepatan melawan 2 pembalap terbaik dari negara-negara lainnya.

FIM MiniGP Indonesia Series 2022

“Dengan diadakanya FIM MiniGP World Series, FIM bersama dengan Federasi Bermotor Nasional dan Dorna berusaha untuk membantu negara-negara dengan memperkenalkan langkah baru untuk mempersiapkan pembalap dari seluruh dunia dengan cara yang khusus dan terstandarisasi untuk memulai karir balap motor mereka agar terjenjang dengan benar dan bisa masuk kedalam ekosistem balap MotoGP,” kata Happy Harinto, Direktur Utama STI dalam keterangan tertulis.

“Dengan demikian, pembalap dari negara yang berbeda akan mempunyai formasi dan pengalaman yang sama. Semua FMN di seluruh dunia diperbolehkan untuk mengikuti seri kejuaraan ini, akan tetapi harus mengikuti terlebih dahulu seri kejuaraan dibawah FIM MiniGP World Series dan yang termasuk ke dalam agenda Road to MotoGP.”

FIM MiniGP Indonesia Series 2022
Jadwal FIM MiniGP Indonesia Series 2022.

Sementara itu, Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), menyambut baik ajang ini. Menurutnya, FIM MiniGP Indonesia akan meningkatkan peluang munculnya bibit pembalap baru dari Tanah Air untuk bisa menembus kelas tertinggi, yakni MotoGP.

“Untuk menghasilkan pembalap-pembalap berkualitas butuh banyak kejuaraan dimulai dari rentang usia belia. Apalagi FIM MiniGP ini sudah memiliki standar Dorna Sports yang sudah berjalan efektif di banyak negara. Kini dengan masuknya FIM MiniGP di Indonesia tentunya kita berharap bisa muncul banyak bakat dan talenta spesial anak-anak Indonesia yang bisa menembus ajang internasional, tidak terkecuali MotoGP suatu saat nanti,” ujar Bamsoet.

Selain Indonesia, FIM MiniGP juga diikuti oleh berbagai negara lainnya, yakni Perancis, Irlandia, Portugal, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Serikat, Qatar, Spanyol, dan Inggris. Dan Negara Anggota Uni Alpe Adria Series Czech Republic, Greece, Serbia, Slovenja, Switzerland, Romania, Croatia, Hungary, Bosnia & Herzegovina, Poland, Slovakia.

Para pembalap muda ini akan belajar menjadi pembalap professional sejak usia muda, baik memahami peraturan, pengembangan skill maupun attitude dalam balap. Kejuaraan ini merupakan bagian dari program “Road to MotoGP” yang mana pesertanya dapat memiliki jenjang menuju MotoGP. Para Juara juga akan mendapatkan kesempatan untuk masuk dalam ekosistim MotoGP, seperti ATC (Asia Talent Cup), Red Bull Rookies, FIM CEV Repsol dan sebagainya. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*