Mulai 2023, Jenis Kompon Ban Belakang MotoGP akan Dikurangi

0
Ban Michelin MotoGP
Michelin, pemasok tunggal ban untuk MotoGP. Foto: Michelin Motorsport

NaikMotor – Michelin, pemasok ban di MotoGP, akan hanya memberi dua jenis kompon ban belakang di musim 2023 mendatang. Keputusan ini dihasilkan lewat pertemuan daring oleh para petinggi di Komisi Grand Prix.

Rapat virtual tersebut diadakan pada Sabtu (4/6/2022), di mana dihadiri oleh Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Biense Bierma (MSMA), yang dibantu oleh Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA, sekretaris pertemuan), dan Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi).

Jadi, mulai musim 2023, para pembalap MotoGP mendapat pengurangan 1 jenis kompon ban Michelin meski mereka tetap mendapat jumlah ban yang sama di tiap balapannya, yakni 12 ban. Dari ke-12 ban tersebut, saat ini ada 6 ban yang berkompon lunak (soft), 4 medium, dan 3 keras (hard).

Nantinya, Michelin akan memutuskan 2 jenis ban apa yang harus dibawa di tiap seri balapannya. Semua ini juga berdasarkan keputusan Komisi Grand Prix tersebut, yaitu 7 ban soft + 5 medium, 7 ban medium + 5 hard, atau 7 ban soft + 5 hard. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*