Finis Lebih Awal di MotoGP Catalunya, Bastianini Masih di Tiga Besar  

0
MotoGP Catalunya
Tanpa poin di MotoGP Catalunya, Enea Bastianini masih bertahan di tiga besar klasemen. Foto: Gresini

NaikMotor – Berharap meraup poin di MotoGP Catalunya, duet Gresini Racing MotoGP yang disponsori oleh Federal Oil, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannatonio harus mundur lebih awal, Minggu (5/6/2022). Kini, keduanya bersiap menyongsong balapan berikutnya di Sachsenring Jerman pada 19 Juni 2022.

Aroma panas mengemuka di MotoGP Catalunya sehingga ada rentetan drama yang menyertainya. Diawali dengan tersungkurnya tiga pembalap Takaaki Nakagami, Francesco Bagnaia dan Alex Rins selepas start. Bencana kemudian menghampiri duet Gresini Racing MotoGP yang harus mundur lebih awal karena di lap ketujuh dan kedelapan terjatuh. Terakhir adalah Aleix Espargaro yang konyol karena keliru membaca jumlah lap sehingga meringankan perjuangan dua Pramac Ducati untuk naik podium.

Start dari posisi ke-14, Enea Bastianini sudah bisa merangsek ke barisan depan memacu Ducati Desemosedici GP21, sementara Diggia yang start dari posisi kelima mencoba mengamankan posisi di 10 besar namun tak bisa mempertahankannya.

Bastianini mengatakan bahwa ia tidak melakukan hal yang tidak biasa dengan masuk tikungan seperti lap sebelumnya. “ Saya ingin melakukan balapan yang layak tanpa berlebihan, tetapi itu tidak terjadi. Saya tidak punya penjelasan saat ini. Ironisnya, saya sangat cepat di bagian trek itu dan kami melakukan balapan yang bagus. Kami ada di sana, dan bahkan keenam atau ketujuh akan menjadi hasil yang penting,” sebut Bastianini sambil menyebut bahwa bagian front end menjadi sumber penyebabnya.

Sedangkan Diggia menyebut ada pengaruh angin di tikungan 13 dan bagian depannya slip membuatnya terjatuh. “Saya tiba-tiba kehilangan cengkeraman ban depan, terjadi lagi. Memang balapan yang sangat perlu kewaspadaan sejak awal start. Saya mencoba mempertahankan kecepatan motor, tapi ada sesuatu yang salah. Sangat disayangkan alami insiden, tapi kami sudah mulai menguasai semuanya. Harus bersiap, sudah saatnya kami tampil di depan,” ujar Diggia.

Menghadapi seri berikutnya di GP Jerman pada 19 Juni mendatang, Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI)  mengharapkan Enea dan Diggia dapat menunjukkan talentanya kembali untuk bisa mengumpulkan poin di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022. “Keduanya punya potensi untuk naik podium ganda dan saling bersaing untuk titel Juara Dunia MotoGP 2022 yang saat ini masih terbuka lebar. Semoga di GP Jerman mendatang, Enea dan Diggia bisa segera bangkit untuk kembali menguasai motor, agar dapat melihat mereka berada di podium dan bikin bangga Indonesia,” tambah Sri Adinegara. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here