Penting, ini Ciri-ciri Kampas Rem Perlu Segera Diganti

0
28
Cara Merawat Kampas Rem
Wahana Honda bagikan 4 cara mudah merawat kampas rem sepeda motor. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Kampas rem merupakan komponen vital dalam sistem pengereman kendaraan. Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan jika kampas rem sepeda motor sudah mulai perlu diganti.

Kampas rem berfungsi untuk membantu menekan piringan cakram agar ban bisa berhenti berputar. Tanpa kampas rem, maka pengereman bisa memakan waktu yang lama untuk menghentikan kendaraan.

Jarak ideal penggantian kampas rem motor adalah sejauh 32.000 kilometer (km). Namun, ini tergantung pada kondisi medan dan lalu lintas yang biasa ditempuh.

Jika dalam sehari Anda menempuh jarak 50 km, maka idealnya kampas rem motor harus diganti setelah usia pakai 21 bulan. Namun, kampas rem juga tak bisa semata-mata hanya melihat dengan panduan jarak tempuh.

Maka dari itu, Wahana Honda memberikan sejumlah informasi mengenai ciri-ciri kampas rem motor perlu diganti agar konsumen bisa aman dan nyaman dalam berkendara sehari-hari. (Galih/Prob/NM)

Berikut ciri-ciri kampas rem motor sudah perlu segera ganti baru.

1. Pedal rem akan terasa lebih dalam.
2. Daya pengereman menurun dibandingkan biasanya.
3. Terdengar bunyi gesekan saat di rem.
4. Muncul bau terbakar dari bagian belakang motor.
5. Untuk bagian depan, bisa terlihat posisi kampas rem yang menjepit piringan apakah masih lebar atau tidak. Jika masih lebar tak perlu ganti karena kondisi komponen ini masih cukup bagus.
6. Namun, jika sudah tipis sebaiknya segera diganti. Selain dengan melihat kondisi langsung, bisa juga merasakannya saat berkendara. Jika terdapat suara yang timbul di area cakram saat tuas rem ditekan, tandanya komponen ini harus segera diganti.
7. Jika kampas rem depan sudah tipis dan tidak segera diganti, dan jika dibiarkan dalam waktu lama, maka piringan cakram akan terkikis dan membuat cakram bisa pecah.

LEAVE A REPLY

*