Ini Pertimbangan Shop&Bike Belum Buka Franchise

0
20
Lie Se Chiang
Lie Se Chiang, Head of Retail Marketing & Business Development Department PT Astra Otoparts Tbk. Foto: Galih

NaikMotor – Shop&Bike (S&B), sebuah outlet ritel otomotif khusus roda 2 dari PT Astra Otoparts Tbk (AOP), sejauh ini belum membuka fasilitas franchise. Pihaknya memiliki banyak pertimbangan untuk membuka outlet Shop&Bike yang baru dengan tetap menjaga kualitas. 

S&B pertama di Indonesia berlokasi di Jl. Raden Fatah no.75 B-C Ciledug, Tangerang pada 10 April 2014. Kini, AOP telah mendirikan 25 outlet S&B yang tersebar di wilayah Jadetabek.

Shop&Bike Raden Fatah
Outlet pertama Shop&Bike di Indonesia berlokasi di Raden Fatah, Ciledug, Tangerang. Foto: Galih

Menurut Lie Se Chiang, Head of Retail Marketing & Business Development Department PT AOP, pihaknya masih belum memberi fasilitas franchise S&B. AOP sendiri masih mencari formula tepat untuk bisa terus mengembangkan usahanya ini.

“Ada saja yang ingin buka Shop&Bike. Banyak yang nanya, tetapi kami selalu bilang belum buka (franchise). Untuk keputusan membuka franchise juga belum bisa dipastikan kapan,” kata Lie.

“Terus terang kami masih melihat formulanya. Jadi, kalau Shop&Drive punya layanan home delivery, apakah S&B jika dengan layanan seperti itu akan jadi magnet? Itu belum tentu. Itu yang masih kami cari.”

Area Service Shop&Bike Raden Fatah
Area service motor Shop&Bike Raden Fatah, Ciledug.

Dalam perjalanannya, Shop&Bike tidak asal dalam buka outlet baru. Pihaknya harus melihat beberapa komponen untuk menentukan apakah di sebuah daerah tersebut bisa didirikan outlet baru S&B yang punya potensi bagus.

“Kami akan coba daerah provinsi, apakah di daerahnya ada pemukiman apa tidak, ada saingan atau tidak, ya kita lihat yang paling mudahnya dulu. Jadi kita pilih lokasi yang trafficnya tinggi. Saya akan ambil kota-kota besar itu nantinya untuk dapet awareness dari masyarakat. Misalnya seperti tersedia di tiap ibukota provinsi di pulau Jawa, begitulah. Kami menyasar daerah-daerah pinggir kota dulu karena itu jalur motor-motor yang masuk ke daerah Jakarta,” ujar Lie. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*