Lakukan Tips Pengereman ini Saat Temui Jalanan Menurun dengan Skuter

0
Jalanan menurun
Ada tips pengereman bagi pengendara skuter saat menemui jalanan menurun. Foto: YIMM

NaikMotor – Kontur jalanan di Indonesia memang beragam. Namun, ada tips mengenai pengereman saat mengendarai skuter di jalanan menurun.

Saat ini, fenomena sepeda motor di Indonesia telah mengalami pergeseran. Yang mulanya motor bebek menjadi favorit, kini telah bergeser ke skuter.

Dengan berbagai kepraktisan dan kemudahan dalam berkendara, skuter telah menjadi favorit baru bagi masyarakat Tanah Air. Meski begitu, skuter tetap memiliki kekurangannya sendiri, khususnya saat melintasi jalanan menurun.

Satu kelemahan skuter adalah tidak memiliki engine brake sebaik motor manual. Dengan begitu, jalanan menurun menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara skuter.

Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan sejumlah tips pengereman dengan skuter saat menemui jalanan menurun. (Galih/Prob/NM)

Berikut tips pengereman skuter di jalanan menurun.

1. Gunakan selalu perangkat keselamatan saat berkendara motor seperti helm, jaket lengan panjang, celana panjang, sarung tangan, sepatu dan pastikan kondisi tubuh sehat dan motor Anda dalam keadaan prima.

2. Pelajari terlebih dahulu rute yang akan dilewati, bisa dengan mencari informasi melalui sosial media atau internet agar lebih familiar dengan kondisi jalur yang akan dilewati.

3. Pastikan kondisi rem sepeda motor prima, cek kondisi minyak rem agar volume dan kualitas minyak rem sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan tidak ditemukan kebocoran minyak rem. Perhatikan kondisi kampas rem, pastikan kampas rem dalam kondisi baik dan tidak habis.

4. Jaga kecepatan yang aman agar mudah untuk mengendalikan motor.

5. Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan saat melakukan pengereman, hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras ini akan membuat ban mudah slip.

6. Pastikan posisi tubuh yang tepat saat melakukan pengereman, posisikan badan agak tegak, pandangan luas ke depan, lengan dan bahu kondisi rileks, genggaman tangan di stang motor cukup kuat juga rileks, gunakan jari tangan Anda untuk menarik tuas rem dengan kekuatan jari yang cukup (2-4 jari).

7. Dalam kondisi jalan menurun yang panjang, hindari penggunaan rem secara terus-menerus dalam waktu yang lama, ini dapat membuat perangkat pengereman motor menjadi panas, yang menyebabkan kekuatan rem berkurang. Apabila kekuatan rem dirasakan berkurang, sebaiknya berhenti sejenak agar kondisi suhu rem turun dan kekuatan rem bisa kuat kembali.

LEAVE A REPLY