Percepat 15 Tahun, Netralitas Karbon Yamaha Ditargetkan pada 2035

0
13
Netralitas Karbon Yamaha
Yamaha targetkan netralitas karbon di pabriknya pada 2035. Foto: istimewa

NaikMotor – Yamaha Motor Corporation sejatinya menargetkan netralitas karbon di pabriknya pada 2050. Namun, target ini dipercepat 15 tahun sehingga netralitas karbon di pabrik Yamaha akan tercapai pada 2035.

Dalam rencananya, Yamaha telah menetapkan target awal di 2050 yang mana ini adalah bagian dari Yamaha Environmental Plan 2050. Akan tetapi pada Selasa (28/6/2022) kemarin, Yamaha mempercepatnya menjadi tahun 2035.

Dilansir dari Visordown, rencana ini akan diraih dengan mendorong inisiatif yang berpusat pada meminimalisir penggunaan energi, serta mengandalkan energi yang lebih bersih.

Dibandingkan dengan tahun 2010, hasil dari minimalisir pengurangan dan pasokan energi ini diproyeksikan terjadi pengurangan CO2 sebesar 92 persen pada 2035 nanti. Hal ini termasuk produksi di pabrik Yamaha domestik (Jepang) dan luar negeri.

“Pendekatan energi berbasis nilai teoretis bertujuan untuk meminimalkan penggunaan energi dengan menetapkan hanya energi yang benar-benar dibutuhkan saja untuk menciptakan sebuah produk, sembari mempertimbangkan semua jenis konsumsi energi lainnya untuk target perbaikan,” bunyi keterangan Yamaha.

Dari sisi pasokan energi, Yamaha menyebut pihaknya akan beralih ke pembangkit listrik tenaga air nol-karbon dari Chubu Electric Power’s Shizuoka Green Denki mulai Juli 2022 mendatang. Yamaha juga akan memasang panel surya untuk mengurangi ketergantungannya pada energi pusat. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*